TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Banjir Teror Warga, Puluhan Prajurit Yonzipur 10 Kostrad Perbaiki Tanggul

By 07 Mar 2019 Kodam V/Brawijaya
8A (4)

JAKARTA, tniad.mil.i – untuk mengantisipasi terjadinya banjir kepemukiman warga, puluhan Personel Yonzipur 10/Kostrad diterjunkan untuk memperbaiki tanggul yang longsor.

Tersebut disampaikan Komandan Yonzipur 10/2 Kastrad Mayor Czi Dendi Rahmat Subekti, S.Sos., dalam rilisnya di Pasuruan, Rabu (6/3/2019).

Dendi mengungkapkan, anggotanya bersama warga setempat bergotong-royong memperbaiki tanggul yang longsor di sungai welang Dusun Karangasem sampai jembatan baru Dusun Rujak Gadung Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut, tutur Dendi, dilaksanakan pada Senin 4 Maret 2019 yang dipimpin oleh Bintara Teritorial Yonzipur 10 Kostrad Sertu Rofidian.

“Kami terjunkan puluhan anggota Yonzipur 10 Kostrad untuk melakukan perbaikan tanggul bersama warga setempat,” katanya.

Kegiatan ini penting dilakukan, kata Dendi, pasalnya Tanggul tersebut mengalami longsor di bibir sungai dan hampir menyentuh dinding tanah, ini diakibatkan derasnya curah hujan beberapa hari lalu.

“Tanggul ini sangat rawan dan beresiko bila tidak segera direhabilitasi, karena letaknya tepat bersebelahan dengan pemukiman warga,” tegas mantan Dandenzipur 11/MA tersebut.

Atas dasar itulah kegiatan ini sebagai langkah antisipasi dalam mencegah banjir.

“Kalau tidak diperbaiki, warga setempat tidak tenang karena ancama banjir bisa saja datang setiap saat,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan dari Sertu Rofidian yang terjun langsung dalam kegiatan tersebut, tutur Dendi, bahwa ketinggian tanggul di Dusun itu sekitar 3 M, dan saat ini sudah berkurang ketebalannya karena terus menerus tergerus aliran air sungai yang deras.

“Saat ini ketebalan tanggul dengan pemukiman warga hanya berjarak sekitar 30 hingga 40 cm,” kata Dendi bersadarkan laporan Sertu Rofidian

Ia (Rofidian) juga menyampaikan, perbaikan penebalan tanggul dilakukan dengan cara menumpuk karung yang sudah terisi pasir dan kerikil, selanjutnya tumpukan tersebut ditahan dengan patok atau bambu untuk memperkokoh posisinya.

Dimana dengan sigap dan tanpa kenal lelah puluhan Prajurit Yonzipur 10 Kostrad tersebut bersama warga saling bergotong-royong memperbaiki tanggul.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Karangasem, Toyib. Dimana menurutnya, apabila tanggul tersebut tidak segera diatasi secepat mungkin, kemungkinan besar dampaknya akan berpengaruh pada pemukiman warga.

Lebih lanjut Dendi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti banjir yang tentunya sangat berdampak buruk bagi warga masyarakat yang tinggal dekat dengan tanggul khususnya dan warga sekitarnya.

Selain mempererat tali silaturahmi serta kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT ke-58 Kostrad. (Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Banjir Teror Warga, Puluhan Prajurit Yonzipur 10 Kostrad Perbaiki Tanggul