Kodam XII/Tanjungpura

Berjibaku, Satgas Pamtas Yonif 613 Padamkan Karhutla

By 22 Mar 2019 No Comments
1a__2_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id- Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam bersama masyarakat berjibaku memadamkan api akibat kebakaran hutan di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja, Letkol Inf Fardin Wardhana, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Jumat (22/3/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kejadian ini bermula dari terbakarnya sebuah gubuk di wilayah perbatasan RI-Malaysia, tepatnya di Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Seimanggaris, Rabu (20/3/2019).

“Seorang warga Ardyansyah (Ketua RT/03, Kampung Kanduangan) melaporkan kejadian tersebut kepada anggota Pos Satgas Pamtas,” ujarnya.

Mengetahui informasi tersebut lanjut Dansatgas, anggota Pos Kanduangan dan Pos Sei Ular Satgas Pamtas Yonif Raider 613/Rja (dipimpin Dan SSK II, Kapten Inf Arnold Hitipiuw) langsung meluncur ke lokasi kebakaran untuk dapat membantu memadamkan api kebakaran bersama warga lainnya.

“Karena tiupan angin begitu kencang, dengan cepat api melebar sehingga merambat ke areal lahan penduduk,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, diketahui gubuk yang terbakar tersebut sering digunakan warga sebagai tempat peristirahatan malam saat warga melaksanakan berburu di wilayah tersebut.

“Diduga api berasal dari bekas bakaran warga yang membakar hasil buruannya di gubuk tersebut, namun bara api belum benar-benar padam sehingga merambat dan menimbulkan api kebakaran di sekitaran gubuk tersebut,” ucapnya.

“Untuk memadamkan api, prajurit Satgas bersama warga bahu-membahu dengan peralatan yang ada, mulai dengan membawa profil berisi air, semprotan rumput, besi dan cangkul yang bisa digunakan untuk memadamkan api tersebut,” jelas Fardin Wardhana.

Fardin pun berpesan bahwa kebakaran dapat dicegah dengan mengantisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan potensi kebakaran.

“Karena itu tak henti-hentinya kita mengingatkan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati karena dampak dari bahaya kebakaran adalah sangat besar baik kerugian materi, hingga korban jiwa,” pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply