Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Binter Dorong Warga Serahkan Senjata ke Satgas Yonif 643/Wns

Dibaca: 29 Oleh 13 Mar 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dengan adanya kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilakukan melalui pelayanan pengobatan kesehatan. Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 /Wns berhasil menerima satu pucuk senjata api rakitan jenis lantak milik seorang warga.

Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos di Kantor Media Center Kodam XII/Tpr, Jalan Teuku Umar Nomor 47, Pontianak, Kalbar. Rabu (13/3/2019).

Dikatakan Aulia, berdasarkan laporan dari Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto, senjata rakitan tersebut diserahkan sukarela oleh saudara Pius Mul (37), yang tinggal di Desa Thang Raya pada hari Senin kemarin.

Kronologis Penyerahan senjata api jenis lantak tersebut bermula ketika adanya kegiatan Binter yang dilakukan melalui pelayanan pengobatan kesehatan kepada masyarakat oleh anggota Pos Pamodis ( Balai Karangan ), atas nama Prt Sudirmanto dan Prd Izhar Wahyu.

“Pada saat pengobatan berlangsung salah seorang warga atas nama Pius Mul menghampiri anggota Pos Pamodis untuk menanyakan tentang masalah kesehatanya, pada saat itu juga disela perbincangan warga tersebut menceritakan bahwa sampai saat ini masih menyimpan senjata api jenis lantak,” ujar Aulia.

Baca juga:  Pangdam XII/Tpr Pimpin Sertijab Aslog, Kakesdam dan Kasansidam

Lanjutnya, anggota yang sedang melaksakan pengobatan juga menjelaskan kepada warga tersebut bahwa memiliki senjata api ilegal itu melanggar hukum. Kemudian anggota Pos Pamodis selesai melaksanakan kegiatanya dan kembali ke Pos untuk melaporkan ke Danpos bahwa ada salah seorang warga yang masih menyimpan senjata api jenis lantak di rumahnya.

Saudara Pius Mul mendatangi Pos Pamodis mengajak anggota Pos untuk mengambil senjata rakitan jenis lantak tersebut dirumahnya. Sadar akan memiliki senjata api, saudara Pius Mul menyerahkan secara sukarela pada anggota Satgas tersebut.

“Untuk saat ini, 1 pucuk senjata jenis lantak telah diamankan di Pos Pamodis ( Balai Karangan ) Satgas Yonif Mekanis 643/Wns,” ucapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Aulia mengatakan banyak mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menyerahkan senjata api dengan sukarela, dan bagi warga masyarakat yang masih memiliki senjata api jenis apapun, dihimbau untuk menyerahkan kepada aparat keamanan. Karena dapat membahayakan diri sendiri dan juga bisa membahayakan bagi orang lain. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel