Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Calon Prajurit Pa PK harus penuhi kriteria Kesehatan

Dibaca: 5806 Oleh 07 Mar 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – dalam rangka mendapatkan calon prajurit TNI yang sehat baik jasmani maupun rohani, Kesdam IM menggelar pemeriksaan (Rikkes) kesehatan tahap pertama bagi calon peserta seleksi Perwira Prajurit Karier (PA PK) TNI TA 2019.

Tersebut disampaikan Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Iskandar Muda Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan, Sp. JP (K) M.A.R.S., FIHA., dalam rilisnya di Banda Aceh, Rabu (6/3/2019).

Diungkapkan Kakesdam IM, Rikkes tahap pertama tersebut dilaksanakan di Aula Sidukkes Kesdam IM pada Selasa 5 Februari 2019 kemarin.

Adapun calon peserta seleksi PA PK yang mengikuti Rikkes itu, tambah Kakesdam IM berjumlah 64 orang. Terdiri dari 51 orang pria dan 13 orang wanita.

“Seleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejak dini tentang kondisi kesehatan bagi peserta calon Perwira Prajurit Karier ( PA PK) TNI TA 2019, sehingga diperoleh calon prajurit yang memenuhi syarat kesehatan jasmaninya,” katanya.

Ke 64 orang peserta tersebut, tutur Kakesdam IM berasal dari Sub Panda Aceh yang telah dinyatakan lolos melewati seleksi administrasi.

Baca juga:  Door to Door, Babinsa Koramil 14/Pasie Raja Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Warga

“Mereka yang mengukuti Rikkes tahap pertama ini, adalah yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sebelumnya,” ungkapnya.

Selanjutnya Kakesdam IM menjelaskan bahwa dalam Rikkes tahap pertama ini meliputi pemeriksaan fisik luar, tensi darah, pemeriksaan gigi dan THT (Telinga Hidung Tenggorokan).

Namun bukan hanya itu saja, tambah Kakesdam IM, para calon prajurit Perwira Karir TNI ini pun dilakukan pemeriksaan mata. Seperti rabun jauh atau dekat, buta warna dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Apabila para peserta seleksi mampu melewati seluruh tes dan dinyatakan lulus, kata Kakesdam IM, nantinya mereka akan mengikuti seleksi tahap kedua.

“Seleksi penerimaan prajurit dilaksanakan secara obyektif, transparan serta jujur. Hal ini dimaksudkan untuk didapatkan calon-calon prajurit terbaik bagi TNI AD nantinya,” tegasnya.

Oleh karenanya, papar Kakesdam, setiap peserta didik diwajibkan memenuhi Kriteria kesehatan yang baik sesuai prosedur kesehatan yang diharapkan agar nantinya sebagai bahan dasar rekam medis kesehatan untuk melanjutkan ke pemeriksaan kesehatan lanjutan.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para prajurit TNI AD kedepan mampu mengemban tugas pokok di satuan masing masing dengan baik. (Dispenad).

Baca juga:  PERSIT KCK KOREM 011 BERSAMA BPJS LHOKSEUMAWE ADAKAN SOSIALISASI DAN EDUKASI KESEHATAN TENTANG CA CERVIKS

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel