Kodam IX/Udayana

Cegah Longsor, Kodim Bangli Memprakarsai Penghijauan

By 18 Mar 2019 No Comments
bra2
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna menjaga kelestarian lingkungan serta mengantisipasi bencana alam tanah longsor yang dapat menimbulkan kerugian bukan hanya nyawa dan harta benda, Satgas 1626/Bangli bersama unsur pemerintahan terkait melaksanakan penghijuan dengan menanam pohon disepanjang lokasi TMMD.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1626/Bangli, Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., dalam rilis tertulisnya di Bangli, Senin (18/3/2019).

Diungkapkan Dandim bahwa kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian dari pengerjaan sasaran fisik TMMD ke-104 yang telah berlangsung selama 18 hari, sejak tanggal (1/3/2019) lalu.

“Dengan penanaman pohon yang difokuskan sepanjang jalan sasaran fisik TMMD, diharapkan dapat memperkuat struktur tanah yang sedikit labil karena jalan tersebut baru dibuat,’’ ujarnya.

“Selain itu penanaman pohon menjadi penting dalam mengembalikan vegetasi lahan yang terdegradasi, ‘’Saya mengajak semua pihak menjaga lahan yang berfungsi lindung dengan menanam pohon yang punya kemampuan menyimpan air,’’ tambahnya.

Lebih lanjut menurutnya, Program TMMD yang dilaksanakan di Desa Peninjoan ini selain mengerjakan sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, diharapkan juga tercapainya sasaran non fisik yaitu dengan peningkatan nilai dan semangat gotong royong yang sudah mulai terkikis akhir-akhir ini,

“Syukur nilai-nilai kegotong royongan di Desa Peninjoan masih berjalan baik, kami berusaha membangkitkan gairah masyarakat untuk kembali melaksanakan kegiatan gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, I Dewa Nyoman Tagel yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Desa Peninjoan mengungkapkan perasaannya saat bersama-sama mengikuti penanaman pohon.

“Saya ucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bersama-sama membangun desa, semoga kerjasama ini tidak terhenti sampai berakhirnya TMMD ini, tetap berlanjut kedepannya,’’ imbuhnya

Menurutnya sebagai salah satu desa yang dicanangkan sebagai destinasi wisata, tentunya pembangunan infrastruktur masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga atas segala dukungan pemerintah dan semua pihak dengan segala potensinya menjadikan Desa Peninjoan ini akan terwujud sebagai desa wisata, khususnya sebagai desa wisata spiritual,’’ tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Pemkab Bangli I Dewa Agung Riana Putra M.M., unsur TNI-Polri, ASN Pemkab Bangli, Staf Kecamatam Tembuku, Staf Desa Peninjoan, Mahasiswa IHDN, siswa-siswi SMA Negeri 1 Tembuku serta warga setempat. (Dispenad 04MO)

Leave a Reply