Kodam Iskandar Muda

Jajaran Kodim Pidie Bantu Warga Korban Puting Beliung dan Hujan Es Lhok Keutapang

Oleh 09 Mar 2019 Tidak ada komentar
Jajaran Kodim Pidie Bantu Warga Korban Puting Beliung dan Hujan Es Lhok Keutapang
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0102/Pidie sigap menyingsingkan lengan untuk membantu memperbaiki rumah warga yang terkena terjangan puting beliung dan hujan es di Desa Lhok Keutapang. Tersebut disampaikan Dandim 0102/ Pidie, Letkol Arm Wagino S.E.,dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Pidie, Aceh, Jumat (8/3/2019).

Diungkapkan Dandim, bencana puting beliung yang terjadi pada Rabu (6/3/2019) menyebabkan sedikitnya 12 rumah warga, dua Meunasah, rusak berat. “Sejak kemarin ada sekitar 40 prajurit dari Kodim Pidie dan Koramil 16/Tangse yang membantu warga. Hari ini dilanjutkan lagi, 30 personel bersama warga Dusun Geuni diterjunkan ke lokasi,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, angin puting beliung di Desa Lhok Keutapang menyebabkan 5 rumah warga dan satu Meunasah yang sebagaian besar terbuat dari kayu rusak berat, sehingga perlu penanganan secara cepat agar warga segera mempunyai tempat berlindung. “Personel jajaran Kodim sampai saat ini masih ada di lokasi membantu warga untuk memperbaiki rumah yang rusak tersebut dapat segera diselesaikan,” katanya.

Selain di Lhok Keutapang, Desa Bali Ulim juga tak luput dari terjangan puting beliung dan hujan es yang menyebabkan 4 rumah warga dan satu bangunan balai pengajian juga rusak parah. “Kita juga memfokuskan tempat pengungsian sementara warga yang tertimpa bencana, kemudian memindahkan barang milik warga dan mensortir material bangunan yang masih bisa dipergunakan,”urainya.

“Intinya, kita (TNI) akan terus ada bersama warga, bekerja semaksimal mungkin untuk mengerjakan agar rumah warga bisa kembali ditempati. Kami juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama membantu saudara kita yang membutuhkan,”urai Wagino.

Sementara itu, Danramil 16/ Tangse Kapten Inf Jaelani yang terjun langsung memimpin kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan Bakti TNI membantu warga korban bencana alam tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI dalam rangka membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat, juga merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) yang menjadi tugas pokok satuan teritorial.

“Adapun kegiatan yang dilakukan hari ini difokuskan pada pembersihan puing – puing atap rumah dan bangunan, juga membantu pihak Dinas Sosial menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana tersebut,”terangnya.

Marzuki (50), salah satu warga yang rumahnya roboh dihantam angin puting beliung hebat itu mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada anggota TNI yang bersama masyarakat yang telah membantu proses pemulihan itu. “Kami berterima kasih dan senang atas bantuan TNI dari Kodim Pidie, bantuan ini sangat berarti bagi kami,”tuturnya.

Dirinya berharap, kepedulian yang ditunjukkan Bapak-Bapak TNI untuk membantu warga yang membutuhkan sungguh luar biasa meringankan beban yang tertimpa bencana. “Kami bersyukur TNI cepat tanggap membantu, perhatian dan kehadirannnya betul kami rasakan,”pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel