Dinas Penerangan

Koramil Model untuk Tingkatkan SDM Babinsa

By 29 Mar 2019 No Comments
IMG-20190329-WA0007
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA,tniad.mil.id – Pendayagunaan Koramil model difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) aparat Komando Kewilayahan yang bertugas sebagai Babinsa dan personel baru yang akan bertugas di kodim.

Tersebut disampaikan Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., dalam rilis tertulisnya, di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Jumat (29/3/2019).

Diungkapkan Dandim, kunjungan Tim Wasev Pusterad (Mayor Inf Ulil Amri, S.Ag), ke Koramil 1011-04/Selat yang merupakan Koramil Model atau Percontohan, Kamis (28/3/2019), dalam rangka untuk melaksanakan kegiatan pengawasan dan evaluasi kegiatan latihan Triwulan I tahun 2019 yang diselenggarakan di jajaran Korem 102/Pjg.

“Selain mengecek administrasi kelengkapan Koramil Model, Tim Wasev Pusterad juga memberikan pengarahan kepada Babinsa tentang kemampuan Binter yang harus dimiliki oleh para Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD di wilayah sehingga menjadi personel kewilayahan yang benar-benar paham dan mampu melaksanakan tugas Binter di lapangan dengan baik,” ujarnya.

Dijelaskan Dandim, Koramil 1011-04/Selat sebagai Koramil model mempunyai tugas yang berbeda dengan Koramil lainnya, sebab di samping melaksanakan tugas kepelatihan bagi Aparat Teritorial (Apter) Koramil model juga harus mempunyai Bintara Tinggi Latihan (Batilat) dengan tugas membantu pimpinan/Danramil untuk dapat mengkordinir tugas-tugas pelatihan yang di selenggarakan di Koramil model.

“Untuk itulah, kepada personel yang ada di Koramil Model ini untuk selalu menjadi contoh dari personel lainnya yang ada di Koramil-koramil yang lain,” jelas Bambang Kristianto.

Atas kunjungan Tim Wasev Pusterad ke Koramil 1011-04/Selat, Bambang Kristianto mengucapkan terima kasih kepada tim dari Pusterad yang telah memberikan masukan dan arahan serta evaluasi tentang Koramil Model.

“Ke depannya, kualitas dan kuantitas di Koramil model akan menjadi prioritas yang utama dari Kodim 1011/Klk,” harapnya.

Sementara itu, Mayor Inf Ulil Amri menjelaskan, melalui program pendayagunaan Koramil Model dilaksanakan berbagai kegiatan latihan yang bersifat pembekalan dan penyegaran secara aplikatif.

“Pendayagunaan Koramil Model merupakan salah satu bentuk usaha meningkatkan sumber daya manusia Babinsa, terutama pembinaan bagi personel yang baru masuk ke satuan kewilayahan,”pungkasnya. (Dispenad).

Leave a Reply