Kodam XVI/Patimura

Kurangi Pelanggaran, Denpom IV/5 Gelar Ops Gaktib

Oleh 07 Mar 2019 Tidak ada komentar
Kurangi Pelanggaran, Denpom IV/5 Gelar Ops Gaktib
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Untuk mencegah terjadinya pelanggaran di bidang administrasi dan berlalulintas. Detasemen Polisi Militer IV/5 Semarang beserta jajarannya menggelar Operasi Penegakan Ketertiban (Ops Gaktib) bagi satuan TNI AD dan PNS TNI AD di wilayah Kodam IV/Diponegoro.

Hal tersebut disampaikan Dandenpom IV/5 Semarang, Mayor Cpm Fortunata Okto Femula, dalam keterangannya ke media, Semarang, Jawa Tengah. Rabu (6/3/2019)

Dijelaskan olehnya, saat ini (SUBDENPOM) IV/1-2 Pekalongan dengan Komandan Operasi Penegakan Ketertiban (OPS GAKTIB) Kapten Cpm Totok, menggelar pemeriksaan kendaraan personel Kodim 0736/Batang. Kegiatan tersebut dilakukan di Lapangan Makodim 0736/Batang, diikuti sebanyak 53 anggota termasuk PNS.

Pada kesempatan tersebut, Dandenpom berpesan kepada anggota yang mempunyai kendaraan, baik kendaraan dinas maupun pribadi agar dilengkapi surat-suratnya, dan kelengkapan berkendara.

“Saya berharap agar kedepannya tidak ada lagi pelanggaran anggota dengan kurangnya kelengkapan kendaraan, baik kondisi kendaraan ataupun kelengkapan surat-suratnya. Apabila dikemudian hari saya ketemukan adanya kendaraan yang surat -suratnya tidak lengkap, maka akan kami tindak lanjuti secara hukum,” tegasnya.

Hal lainnya yang harus selalu dipersiapkan dalam Gaktib, menurut Dandenpom, “selain kelengkapan dan kelayakan berkendara seperti sepeda motor dan mobil. Juga dilakukan pengecekan kemungkinan adanya penyalahgunaan Narkoba, ,minuman keras maupun pelanggaran pidana lainnya,” sambungnya.

Ops Gaktib juga memperhatikan pelanggaran-pelanggaran kecil yang tetap berhubungan dengan kedisiplinan dan ketaatan hukum anggota. Karena Hal tersebut akan menimbulkan kerugian waktu maupun kerugian materiil bagi personel, sebab pelanggaran hukum sekecil apapun termasuk pidana kecil akan masuk dalam penindakan Ops Gaktib.

Menurut Dandenpom, berdasarkan hasil evaluasi Tahun 2018 mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS Kodam IV/Diponegoro. Sudah adanya angka penurunan pelanggaran dibandingkan dengan Tahun sebelumnya.

Gaktib sendiri dilaksanakan setelah apel pagi dan akan berlanjut kepada apel kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi untuk dicek secara keseluruhan, pelaksanaan Ops Gaktib akan dilakukan oleh petugas dari SUBDENPOM IV/1-2 Pekalongan disaksikan oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Raji, anggota staf Intel serta anggota Provost.

Pada pengecekan kali ini belum sepenuhnya diikuti oleh anggota Kodim, dikarenakan ada kegiatan lain selain dinas dalam. Namun, harapannya ke depan, untuk semua kelengkapan kendaraan anggota TNI di wilayah Kabupaten Batang lengkap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel