Kodam IX/Udayana

Longsor Isolasi Dusun Ngaglik, Kodim Magelang Berhasil Buka Akses

Oleh 04 Mar 2019 Tidak ada komentar
Longsor Isolasi Dusun Ngaglik, Kodim Magelang Berhasil Buka Akses
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Kerja bakti pembersihan tanah longsor sebagai upaya membuka akses jalan bagi warga Desa yang terisolir. Tersebut disampaikan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono ,S.I.P., dalam rilisnya di Magelang, Senin (4/3/2019).

Dandim menjelaskan, pelaksanaan kerja bakti tersebut dilakukan pada Minggu (3/3/2019) kemarin oleh Babinsa Giritengah Koramil 19 Borobudur bersama warga Dusun Ngaglik, Desa Giirtengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Mereka bergotong-royong membersihkan material tanah longsor yang menutupi jalan Desa akibat kejadian bencana longsor pada Sabtu (2/3/2019) kemarin.

“Babinsa bersama aparat Desa, relawan dan warga setempat, melakukan kerja bakti pembersihan material tanah yang menutupi jalan pasca bencana longsor Sabtu kemarin,” tegasnya.

Akibat dari longsor tersebut, tambah Kukuh, sekitar 22 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di Dusun Ngaglik khususnya warga RT 9 dan RT 10 terisolir, karena akses jalan utama tertutupi material longsor.

Untuk membersihkan material longsor ini, tutur Kukuh, dilakukan oleh Babinsa bersama warga secara manual dengan menggunakan cangkul, sekop, pompa air dan lain sebagainya.

“Kebersamaan dan kesigapan antara aparat dengan masyarakat dalam mengatasi bencana merupakan salah satu contoh yang baik terhadap penanganan bencana,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan dari warga, lanjut alumni Akmil tahun 2000 ini, longsor terjadi diawali dengan turun hujan intesitas ringan-lebat pada hari Sabtu 2 Maret 2019 sejak pukul 13.00 WIB. Akibat hujan yang terus menerus tanpa henti sampai malam hari, tebing setinggi 5 meter dengan panjang 15 meter yang berada di wilayah tersebut longsor dan menutupi badan jalan Desa tersebut.

Atas terlaksananya kegiatan karya bakti ini, papar Kukuh, Warsito Kepala Dusun Ngaglik menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah peduli dengan kejadian yang terjadi, terlebih khusus Babinsa yang dengan sigap dan cepat dalam membantu dan mengatasi setiap kesulitan yang di hadapi warganya.

Kukuh juga berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat mempererat tali silaturahmi antara pihaknya dalam hal ini jajaran Kodim 0705/Magelang dengan warga yang ada di wilayah teritorialnya. Selain itu ini juga sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama Rakyat. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel