TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mimisan dan Cara Mengatasinya

By 11 Mar 2019 March 14th, 2019 Tips Kesehatan
hadi3

Bismillah, Mimisan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah udara yang terlalu dingin dan kering. Untuk itu, Anda membutuhkan obat untuk meredakan perdarahan akibat udara dingin dan kering.

AIR GARAM
Air garam akan membantu melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung. Garam juga ampuh untuk mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga pendarahan akan terhenti.

Untuk mengobati mimisan dengan air garam, larutkan garam dalam air hangat. Setelah itu, basahi kapas dengan air garam tersebut. Sambil sedikit mendongakkan kepala Anda, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung.

ES BATU

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan ES batu.

Siapkan es batu dan bungkus dengan kain lembut.

Note
Jangan pernah menempelkan es batu langsung pada hidung karena hal tersebut berisiko menyebabkan kerusakan jaringan. Setelah es batu dibungkus kain, kompres pada bagian luar hidung Anda selama beberapa menit. Seperti air garam, es yang dingin juga mampu menghentikan perdarahan dengan cara menyempitkan pembuluh darah Anda pada bagian hidung.

BAWANG MERAH

Tak disangka-sangka, bawang merah bisa jadi obat Anda ketika mimisan. Senyawa belerang yang terdapat dalam bawang merah mampu membantu pembekuan darah secara alami. Hal ini bisa meredakan perdarahan pada hidung. Selain itu, bawang merah juga kaya akan vitamin C dan zat bioflavonoid yang berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah kapiler. Ini tentu berguna untuk menghentikan pendarahan akibat pembuluh darah yang pecah.

Sebagai obat mimisan, Anda hanya perlu menghirup aroma bawang merah. Potong bawang tipis-tipis dan tempelkan irisan bawang di bawah hidung Anda. Hirup aromanya selama beberapa menit untuk meredakan pendarahan.

KETUMBAR

Selain untuk memasak, ketumbar ternyata bisa jadi salah satu obat mimisan alami yang aman insya allah manjur. Ketumbar dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membantu menghentikan perdarahan dan menyeimbangkan tekanan darah.

Anda cukup menyiapkan garam 1 sendok, ketumbar secukupnya lalu seduh dengan menggunakan air hangat 1gelas.

Saring, dan minumlah diwaktu pagi hari..

Jangan lupa istirahat yang cukup, dan kurangi berdiam di ruangan berAC dan jaga pola makan ANDA.

Semoga bermanfaat

Salam sehat 🙂

Kirim Komentar/Pertanyaan

Mimisan dan Cara Mengatasinya