Kodam XII/Tanjungpura

Naluri Kebapakan, TNI Gendong Anak Sekolah Seberangi Sungai

Oleh 03 Mar 2019 Tidak ada komentar
Naluri Kebapakan, TNI Gendong Anak Sekolah Seberangi Sungai
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Tak hanya membina masyarakat binaan, Babinsa Kodim 0419/Tanjab punya tugas lain jika banjir menerjang wilayahnya, dengan penuh kebapakan tulus, tak segan menggendong untuk menyeberangkan anak-anak, baik pada saat berangkat maupun kembali agar tetap bisa bersekolah.

Tersebut disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf M.Ary Yudistira, dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Tanjab, Jambi, Minggu (3/3/2019).

Diungkapkan Dandim, menyeberangkan anak-anak itu memang bukan tugas utama Babinsa, tapi sebagai bagian dari masyarakat di tempat bertugas, ada sisi kemanusiaan dan kepedulian yang mesti dikedepankan. Apalagi mereka adalah generasi penerus bangsa yang nanti akan ikut memajukan pembangunan di wilayah ini.

“Para siswa ini tak punya pilihan lain karena akses satu-satunya untuk berangkat dan kembali dari sekolah hanyalah sungai. Apapun kesulitan rakyat, bagi TNI wajib hukumnya membantu,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Dandim, tak hanya anak-anak, sejumlah warga yang hendak menyeberang juga dibantu dengan cara membawakan barang bawaannya, seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Mendahara, Tanjab Timur, Sabtu (2/3/2019) kemarin, seorang prajuritnya yang melaksanakan tugas mulia ini adalah Pembantu Letnan Dua (Pelda) Lianri Lubis, Babinsa Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendaha Ulu.

“Pelda Lianri Lubis tidak sungkan-sungkan untuk menggendong anak sekolah untuk dinaikan ke perahu karet milik BPBD Tanjab Timur,”ucapnya.

Ary Yudistira menambahkan, pekerjaan ini dilakukan Lianri Lubis tiap hari membantu anak sekolah menyeberang dari Dusun P. Sani menuju Desa Pematang Rahim, tempat anak sekolah ini menuntut ilmu. “Ikhlas dan tulus selalu gembira dalam tugas, sudah menjadi bagian dari diri Babinsa Lubis,”terangnya.

Sementara itu, Pelda Lianri Lubis mengatakan, membantu anak-anak ini sudah menjadi tugasnya selalu Babinsa di Dusun Sani. “Dengan menggendong anak menyeberangi sungai dengan arus deras, sudah menjadi tugas TNI (Babinsa) ikut melindungi dan menjaga keselamatan warga,”tekadnya.

“Tidak ada yang istimewa, tugas ini wujud kepedulian TNI kepada warga binaan, apalagi saya juga mempunyai anak yang seusia anak-anak ini. Jika kita buat baik, niscaya keberkahan yang kita dapatkan,”tuturnya penuh semangat.

Salah seorang warga, Kanisius (42) mengaku senang dan sangat terbantu oleh Babinsa Lubis yang selalu siap (stand by) di seberang sungai untuk membantu menyeberangkan anak-anak sekolah.

“Saya beserta seluruh warga berterima kasih atas kepedulian Babinsa Pak Lubis, anak-anak kami menjadi terbantu dan tidak basah saat berangkat sekolah dan kami juga tidak khawatir karena ada pengawal tangguh yang menjaga anak-anak kami,”pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel