Kodam IV/Diponegoro

Peduli Lingkungan, Kodim Brebes tanam 1.500 Pohon di lokasi Bekas Longsor

Oleh 07 Mar 2019 Tidak ada komentar
Peduli Lingkungan, Kodim Brebes tanam 1.500 Pohon di lokasi Bekas Longsor
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.i – Penanan pohon di lokasi bekas bencana tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Bentar Sari, dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali tanah longsor.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0713/ Brebes Letkol Inf Faisal Amri dalam keterangan tertulisnya, di Brebes, Rabu (6/3/2019).

Dikatakan Dandim, lokasi penamanan pohon bertempat di Kawasan Hutan Gunung Lio, Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

” Kegiatan penanaman pohon ini menggugah kita semua untuk sadar pentingnya pelestarian hutan dan menjaga keseimbangan ekosistemnya. Peristiwa tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, ” ujarnya.

Ditegaskan Letkol Faizal, sangat pentingnya kesadaran masyarakat arti pentingnya hutan sebagai daerah resapan dan tugas bersama memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan agar bencana dapat dicegah.

” Kita semua memiliki kewajiban memberikan edukasi kepada warga yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor untuk juga menjaga keseimbangan lingkungan,” tegas Dandim.

Pada kegiatan penanaman pohon di lokasi bekas bencana tanah longsor ini diikuti oleh Muspika Salem, TNI, Polri, Perhutani, Ormas dan masyarakat sekitar.

Diikuti kurang lebih 70 orang tergabung dalam program penanaman pohon di area lokasi longsor, sejumlah 1.500 bibit pohon diantaranya pohon Trembesi, Akasia, Puspa, Durian, Nangka dan Jenitri ditanam di lahan seluas 7,5 Ha.

Asisten Perencanaan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (Asper BKPH) Kecamatan Salem Yohan Haryanto,S.Hut dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas partisipasi berbagai instansi TNI, Polri, Perhutani dan masyarakat pada kegiatan tersebut.

” Saya atas nama pribadi dan kedinasan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran semua unsur pada kegiatan ini, semoga kegiatan ini selalu diberikan keberkahan, marilah kita buat lokasi ini menjadi hijau kembali, tentunya kegiatan ini adalah program Perhutani BKPH Salem, Muspika dan aparat terkait agar kita bisa melakukan pencegahan khususnya bencana tanah longsor di kawasan hutan Salem” tuturnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel