Kodam IV/Diponegoro

Persiapkan Putra Daerah Jadi Prajurit TNI AD, Koramil Tanjung Bina Pemuda/Pelajar

By 21 Mar 2019 No Comments
7a__5_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna mendapatkan Prajurit TNI AD yang berkualitas, Koramil 04/Tanjung melakukan pembinaan awal bagi pemuda dan pelajar yang akan mendaftarkan diri menjadi calon Prajurit TNI AD.

Tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, S.E., dalam rilis tertulisnya di Brebes, Kamis (21/3/2019).

Diungkapkan Dandim, pembinaan yang dilakukan oleh Koramil Tanjung tersebut meliputi pelatihan fisik serta pengecekan administrasi sebagai langkah awal sebelum mereka mengikuti seleksi yang sebenarnya.

Pelatihan tersebut di benarkan oleh Danramil 04/Tanjung Kapten Inf Muhtadi, Ia mengatakan bahwa pada Minggu 17 Maret 2019 kemarin, Koramil 04 tanjung menggelar pelatihan untuk membina fisik para pemuda dan pemudi di wilayah binaanya yang berkeinginan masuk menjadi calon prajurit TNI AD.

Kegiatan itu sendiri, lanjut Muhtadi di laksanakan di halaman Koramil 04 Tanjung setiap satu minggu sekali.

Adapun bentuk pembinaanya meliputi kesegaran jasamani A (lari 3.200 m), kesegaran jasmani B (Pull up, Sit up, Push up dan Shutle run) serta renang gaya dada sejauh 50 meter.

“Kegiatan pembinaan ini dilakukan satu minggu 1 kali, meliputi ketahanan lari, Pull Up, Sit Up dan Push Up serta Suttle Run. Mereka juga kita ajarkan tentang teknik dan tata cara gerakan yang benar,” ujar Kapten Muhtadi.

Pembinaan kepada calon prajurit TNI merupakan hal yang penting, tutur Muhtadi, karena selama pelatihan mereka diberikan pemahaman dan kesiapan baik fisik maupun mental , khususnya dalam menghadapi berbagai macam tes dikemudian hari.
Harapnnya, kata Muhtadi, para calon prajurit TNI AD pada saat melaksanakan tes yang sebenarnya meraka tidak gugup, karena sudah terbiasa mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang benar sebelumnya.

Lebih lanjut Muhtadi menyampaikan, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjuti perintah dari Komando Atas, bahwa selain anggota Makodim 0713/Brebes, para Danramil dan Babinsa juga diberikan wewenang untuk mempersiapkan putra-putri terbaik di Desa dibinanya untuk mengikuti seleksi tahapan penerimaan Prajurit TNI.

Atas dasar itulah, kemudian Ia pun memerintahkan para Babinsanya untuk mendata dan mengecek persiapan adminitrasi maupun kondisi fisik kepada Pemuda dan Pelajar yang ingin mendaftar TNI AD guna mempersiapkan prosedur yang harus dimiliki calon Prajurit TNI AD.

“Saya perintahkan semua para Babinsa untuk membantu pemuda setiap warga binaanya yang akan berminat mejadi calon Prajurit TNI AD”, tegasnya .

“Setelah di data, kemudian mereka di bina baik fisik maupun mentalnya sebelum mengikuti seleksi yang sebenarnya agar nantinya mereka tidak kalah bersaing dengan calon-calon dari daerah lain,” jelas Muhtadi.

Kegiatan yang dilaksanakan Koramilnya tersebut, lanjut Muhtadi, mendapatkan respon positif dari warga masyarakat yang ada di wilayah binaannya. Pasalnya mereka meyakini bahwa pembinaan fisik yang di lakukan oleh Koramil tersebut merupakan latihan terprogram dan terarah sesuai dengan prosedur latihan yang benar. (Dispenad).

Leave a Reply