Kodam IV/Diponegoro

Pos Kamling Memiliki Peran Vital

By 23 Mar 2019 No Comments
4a
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id,- Guna mengefektifkan peran Siskamling yang memiliki peran vital dan ampuh dalam mendeteksi segala kemungkinan yang terjadi disekitarnya, diadakan perlombaan Poskamling se-Kecamatan Klaten Utara.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0723 Klaten, Letkol Inf Eko Setyawan dalam rilis tertulisnya di Klaten, Sabtu (23/3/2019).

Dalam kegiatan Lomba Poskamling di wilayah Kecamatan Klaten Utara dirinya bersama Danramil 24 Klatara serta unsur Muspicam melakukan peninjauan langsung ke berbagai tempat untuk melihat dan menilai langsung kegiatan perlombaan tersebut.

“Ini merupakan salah satu upaya menghidupkan kembali semangat Siskamling yang merupakan tradisi kita dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah,’’ ujarnya.

“Semoga dengan kegiatan semacam ini dapat memicu peran dan masyarakat untuk menyadari arti pentingnya peran Siskamling dalam kehidupan masyarakat,’’ tambahnya.

Sementara itu, Camat Klaten utara Marjana SIP, mengatakan bahwa keberadaan Poskamling diharapkan mampu hadir disetiap titik lingkungan masyarakat. Sehingga akan bermuara pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) akan terjaga secara mandiri oleh warga masyarakat itu sendiri.

Terpisah, Danramil 24 Klaten Utara Kapten inf Sukatman menegaskan bahwa Lomba Poskamling ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat masyarakat terhadap kepedulian warga, untuk ikut bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayahnya. Selain itu lomba ini bertujuan memupuk rasa tanggung jawab sosial masyarakat.

“Semoga dengan lomba ini, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat di wilayah Klaten,’’ pungkasnya.

Pada kegiatan lomba tersebut dinilai langsung oleh tim penilai yang terdiri dari perwakilan Polres Klaten, Kodim Klaten, Satpol PP, Bhabinkamtibmas, Tokoh agama serta Tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Klaten. (Dispenad 04/MO).

Leave a Reply