Kostrad

Prajurit Yang Kuat, Harus Memiliki Mental dan Jiwa Yang Sehat

By 27 Mar 2019 No Comments
7a__2_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka membangun mental prajurit yang sehat dan kuat, Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 12/155/GS/Kostrad menggelar Konseling Psikologi.

Tersebut disampaikan Danyonarmed 12/Kostrad Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy, dalam rilis tertulisnya di Ngawi, Jawa Timur, Rabu (27/3/2019).

Dikatakan Ronald bahwa kegiatan ini digelar sebagai langkah atau upaya satuan untuk mewujudkan prajurit yang sehat mental dalam mendukung pelaksanaan tugas satuan.

Karena dengan konseling psikologi, tambahnya, dinilai mampu mempelajari hingga menyelesaikan masalah seseorang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya guna mewujudkan satuan dan prajurit yang sehat mental dan memiliki skill untuk menyelesaikan setiap masalah dalam kehidupannya,” katanya.

Lebih lanjut Ronald juga menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk merubah sikap prajurit (Yonarmed 12 Kostrad), khususnya dari perilaku yang tidak sesuai dengan tuntutan lingkungan (maladaptive) ke sikap penyesuaian diri terhadap lingkungan.

“Konseling psikologis ini, diharapkan dapat mengurangi terjadinya pelanggaran kedisiplinan,” tegas alumni Akmil tahun 2002.

Selain itu, Ia pun meyakini bahwa langkah tersebut merupakan suatu dukungan moril dan motivasi bagi prajuritnya agar mendapatkan suatu pandangan yang cukup luas dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi..

“Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa menggali tentang persepsi, perasaan, pemikiran hingga pengalaman prajurit,” ujarnya.

“Kegiatan konseling psikologi memiliki nilai strategis preventif terhadap upaya tindakan bunuh diri (commit suicide) yang saat ini marak terjadi di kalangan militer-militer asing,” tandasnya.

Sementara itu, dr Agung, SP. KJ, menambahkan bahwa konseling memiliki arti yang cukup luas, dan biasa dikenal dengan bentuk konsultasi secara umum.

Menurutnya, konseling, sudah digunakan di banyak bidang profesi untuk sebuah hal konsultasi guna menggali persepsi seseorang.
“Dalam psikologi, konseling merupakan proses interaksi atau komunikasi oleh seseorang psikolog dengan kliennya untuk membantu mengklarifikasi, atau menyelesaikan suatu permasalahan,” ucapnya.

Harapannya, dengan materi yang ia paparkan dengan tema “Mengenal Kesehatan Jiwa/Mental”, ungkapnya, seluruh prajurit Yonarmed 12 Kostrad kedepan menjadi prajurit yang bermental kuat dan berjiwa sehat, sehingga mampu menghadapi setiap permasalah yang dihadapinya. (Dispenad).

Leave a Reply