Kodam XII/Tanjungpura

Prajurit Yonif 631/Antang Elang Bantu Evakuasi Korban Banjir Desa Sungai Hijau

Oleh 07 Mar 2019 Tidak ada komentar
Prajurit Yonif 631/Antang Elang Bantu Evakuasi Korban Banjir Desa Sungai Hijau
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.i – Prajurit TNI dari Yonif Raider 631/Ant membantu evakuasi warga yang terjebak banjir di Desa Sungai Hijau. Tersebut disampaikan Danyon 631/Ant, Mayor Inf Bayu Yudha Pratama, dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Kota Waringin, Kalimantan Tengah, Kamis (7/3/2019).

Diungkapkan Danyon, tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini menyebabkan beberapa sungai yang ada di Kabupaten Kota Waringin meluap, sehingga beberapa daerah kena dampak banjir.

“Salah satu daerah yang terparah di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng adalah Desa Sungai Hijau dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter,”ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut lanjut Danyon, dikerahkan personel dan materiil yang dibutuhkan terkait bencana banjir. Personel sebagai tenaga untuk perbantuan evakuasi, sedangkan materiil seperti perahu karet.

“Sebanyak 15 orang, dari Kompi B dipimpin Lettu Inf Mondrayadi, dibantu anggota Kodim 1014/Pbn, Koramil Kumai bersama masyarakat mengevakuasi anak-anak dan orang tua, serta barang-barang milik warga ke tempat yang lebih aman,” sambung alumi Akmil 2002 ini.

Ditambahkan Bayu Yudha Pratama, saat ini prajurit selain memantau curah hujan dan kondisi lapangan, juga menyiapkan antisipasi dini dan menyiapkan titik-titik evakuasi.

“Penentuan lokasi Tempat Pengungsian Sementara (TPS) juga sudah kita lakukan di masing-masing wilayah yang rentan terhadap banjir,”tegasnya.

TPS urai Bayu Yudha Pratama, akan digunakan bila memang diperlukan, bahkan beberapa desa juga sudah tanggap dengan bencana banjir. Seperti berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan listrik agar tidak ada warga yang terkena sengatan aliran listrik,” imbuhnya.

Selain itu dirinya menghimbau masyarakat agar segera menghubungi aparat TNI apabila membutuhkan bantuan serta meningkatkan kewaspadaan.

“Kita himbau masyarakat agar segera menghubungi satuan TNI terdekat apabila terjadi bencana banjir di wilayahnya dan membutuhkan bantuan untuk evakuasi,”harapnya.

“Waspadai aliran listrik atau alat elektronik dalam rumah serta binatang liar yang dapat membahayakan dan menimbulkan korban jiwa. Untuk wilayah yang rentan banjir, colokan listrik agar tidak diletakkan dibawah. Tapi diatas pada posisi yang relatif aman dari air,” pesan Bayu Yudha Pratama.

Lanjutnya lagi, atas respon cepat dari para personel TNI membantu evakuasi bencana banjir, masyarakat sangat senang dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan personel Kipan B Yonif R 631/Atg.

“Diharapkan bantuan yang kita berikan dapat meningkatkan kebersamaan antara TNI dan rakyat, “tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel