Kostrad

Program Cuci tangan 6 Langkah Satgas Yonif R 321 Bagi Warga Nduga

By 27 Mar 2019 No Comments
6a__1_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id,- Dalam rangka memperingati hari air sedunia, Satgas Yonif Raider 321 Kostrad mengajak warga Nduga untuk lebih efisien dalam penggunaan air serta melakukan sosialisasi tentang hidup sehat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT, Mayor Inf Deri Indrawan, M.Tr (Han) dalam rilis tertulisnya di Papua, Rabu (27/3/2019).

Diungkapkan Dansatgas bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk menyadarkan dan meningkatkan perhatian warga atas pentingnya air bagi sumber kehidupan serta sosialisasi tindakan sanitasi untuk mencegah berbagai penyakit.

“Kita ingin menyadarkan warga akan arti pentingnya pengelolaan air yang mana setiap tetesnya berpengaruh bagi keberlangsungan hidup dan masa depan manusia,’’ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Mayor Deri dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Letda Ckm dr. M Barkah selaku Dokter Satgas.

Diawal kegiatan Letda Barkah menjelaskan tentang pentingnya menjaga sumber air dan pemanfaatannya apabila dikelola dengan baik.

“Air sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia, dengan air, kita mampu melakukan kegiatan sehari-hari dan mengkonsumsinya agar tetap bertahan hidup,’’ ungkapnya.

“Air bisa menyebabkan malapetaka apabila lingkungan tidak dijaga seperti yang baru terjadi kepada saudara-saudara kita yang telah banyak menelan korban jiwa karena banjir bandang,’’ tambahnya.

Disela-sela kegiatan, guna menarik minat anak-anak warga Nduga maka diajarkan tentang praktek “Cuci Tangan 6 Langkah” sebagai salah satu pemanfaatan penggunaan air bersih.

“Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling ampuh mencegah penyakit, dengan mencuci tangan yang benar dapat mencegah berbagai penyakit seperti influenza, diare hingga hepatitis A,’’ jelasnya.

Menurutnya, program ini merupakan salah satu kampanye WHO dalam menjaga kebersihan diri dengan cara membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

Dengan kegiatan ini, dirinya berharap warga Nduga akan lebih memahami arti pentingnya menjaga kesehatan tubuh guna mencegah berbagai penyakit serta membiasakan pola hidup sehat .

Kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari warga, terlihat dari antusiasme warga saat mendengarkan penjelasan yang diberikan, serta peran aktif anak-anak saat diajari secara langsung bagaimana tata cara membersihkan tangan dengan air bersih. (Dispenad).

Leave a Reply