Kodam Iskandar Muda

Puluhan anggota Kodim Evakuasi Korban Banjir di Aceh Tenggara

By 30 Mar 2019 No Comments
7A__1_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Puluhan anggota jajaran Kodim 0108/Aceh Tenggara diterjunkan untuk membantu evakuasi warga korban banjir di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.

Tersebut disampaikan Dandim 0108/Aceh Tenggara Letkol Czi Noor Arif Khusaini, dalam rilis tertulisnya, Sabtu (30/3/2019).

Diungkapkan Noor Arif, ke empat kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Lawe Bulan, Lawe Sumur, Semadan dan Kecamatan Badar.

“Sejumlah prajurit kita terjunkan untuk mengevakuasi korban banjir yang melanda empat kecamatan tersebut,” katanya.

Mantan Danyon Zipur 16/DA ini pun menjelaskan bahwa sejak sore Kamis (28/3/2019) hingga menjelang tengah malam, hujan terus mengguyur wilayah itu. Hal ini mengakibatkan aliran sungai meluap dan mengangkut kayu serta membawa lumpur dari gunung.

“Di beberapa titik seperti di Desa Kuta Lesung, Kec. Bambel, Kab. Aceh Tenggara terlihat bongkahan kayu menumpuk di bawah jembatan. Kondisi itu menyebabkan aliran sungai tersumbat hingga debit air meluap ke pemukiman warga,” ucapnya.

“Sampai saat ini kita (Jajaran Kodim 0108/Agara) terus melakukan upaya membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan mengevakuasi harta benda milik masyarakat,” tambahnya.

Selain mengevakuasi korban terdampak banjir, tutur Noor Arif, pihaknya juga melakukan pembersihan lumpur dan tanah sisa banjir dengan menghunakan alat sederhana, seperti cangkul, sekop dan lain-lain.

“Prajurit kita juga sebagian bertugas untuk membersihkan lumpur serta tanah dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan sekop,” tegasnya.

Ia mengharapkan, dengan adanya kehadiran TNI (Kodim 0108/Agara) dapat meringankan kesulitan warga masyarakat dalam mengevakuasi harta benda mereka yang terendam.

“Harapan kami, apa yang dilakukan ini dapat meringankan kesulitan warga,” ucapnya. (Dispenad).

Leave a Reply