Kodam XVI/Patimura

Resmi, Kapal AD-64 Perkuat Kodam XVI/Pattimura

By 26 Mar 2019 No Comments
4a
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Setelah melewati beberapa hari perjalanan dari Jakarta, akhirnya Kapal AD-64 milik TNI AD, tiba di Ambon dan siap mendukung tugas operasional Kodam XVI/Pattimura, khususnya pulau-pulau terluar di Maluku.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho, dalam rilis tertulisnya kepada media di Ambon, Maluku. Selasa (26/3/2017).

Diungkapkan Kapendam, Penerimaan dan Peresmian Kapal AD-64 dilaksanakan pada hari Senin (25/03/2019) dan dipimpin oleh Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P, di Pelabuhan Slamet Riyadi Jalan Pantai Mardika kota Ambon.

“Pada upacara penerimaan tersebut, Kasdam mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq,”terang Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho.

“Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan bahwa Kapal AD-64 ini dipersiapkan untuk mendukung dan memperkuat Kodam XVI/Pattimura dalam menjalankan tugas pokoknya,” tambahnya.

Untuk diketahui Kapal AD-64 memiliki kemampuan dengan jarak jelajah 2000 NM (Nautical Mile), kecepatan maksimum 23 knot dan panjang 38 meter serta mampu menampung 65 orang pasukan dan 15 orang ABK ini

“Wilayah Kodam XVI/ Pattimura yang terdiri dari ribuan pulau dan dihubungkan oleh lautan yang tentunya membutuhkan sarana transportasi air sebagai unsur yang utama dalam sebuah operasi.,”tegas Pangdam

Sehingga kehadiran Kapal AD-64, menurut Mayjen TNI Marga Taufik akan sangat membantu Kodam VI/Ptm, baik untuk melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta perbantuan kepada unsur lainnya, kegiatan ke pulau-pulau terluar.

“Perkuatan ini tidak akan berarti banyak, bila personel yang mengawakinya tidak dapat mengoperasikannya dengan baik dan unsur-unsur pendukung lainnya kurang peduli terhadap perawatan dan operasional Kapal AD-64 ini.,”tegasnya

“Artinya semua unsur yang terkait dalam pengadaan dan pengoperasian Kapal ini harus tetap bersinergi dalam menjaga agar Kapal AD-64 ini tetap siap operasional (ready to use),” tambah mantan Pangdivif-2/Kostrad ini.

Dirinya juga berharap agar Kapal AD-64 ini dapat dipelihara dan dipergunakan secara bertanggungjawab. Karena menurutnya, Seluruh Alutsista TNI merupakan amanah dari rakyat untuk menjalankan tugas negara.

“Hal ini dapat terlaksana dengan baik, apabila ada rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi dengan didasari rasa tanggungjawab terhadap peralatan yang telah dipercayakan kita semua”, pungkasnya.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri para pejabat teras Kodam VI/Pattimura tersebut, juga dlakukan pemberian ucapan selamat kepada seluruh Kru Kapal AD-64, pemotongan pita dan pemecahan kendi sebagai tanda peresmian kapal oleh Kasdam XVI/Ptm serta peninjauan kedalam kapal AD-64 serta diakhiri dengan kegiatan pemotongan tumpeng sekaligus acara syukuran bersama. (Dispenad)

Leave a Reply