TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas 328/K Amankan Area Lokasi Benda Mirip Bom PD Pertama

By 10 Mar 2019 Dinas Penerangan
IMG_20190310_103156_290

JAKARTA, tniad.mil.id –Guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terhadap warga, Satgas Pamtas Yonif 328/K mengamankan lokasi penemuan benda mirip Bom sisa Perang Dunia (PD) di kampung Nafri.

Tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya di Jayapura, Sabtu (9/3/2019).

Dikatakan Erwin, tindakan yang dilakukan satuan jajarannya tersebut berawal dari laporan seorang warga Kampung Nafri bahwa dirinya menemukan benda yang mencurigakan saat menggali tanah di kebun sagu miliknya pada hari Kamis (7/3/2019) lalu.

“Warga tersebut bernama Bapak Loter World (40 tahun), warga Distrik Abepura, Kabupaten Jayapura,” ungkap Erwin.

Atas temuannya itu, lanjut Erwin, Loter Worke langsung melaporkannya kepada personel Satgas di Pos Nafri.

“Selanjutnya Danpos Nafri, Letda Inf Deki Eka bersama anggotanya langsung menuju ke TKP untuk mengecek benda tersebut sebagaimana disampaikan oleh Bapak Loter Worker,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari anggotanya di lapangan, tutur Erwin bahwa diperkirakan Bom tersebut adalah benda sisa perang dunia yang sudah lama tertanam dalam tanah.

“Untuk ukuran panjang nya 60 cm dan diameter 15 cm, kami juga belum mengetahui apakah masih aktif atau tidak dikarenakan kondisi sudah berkarat sehingga kami tidak bisa pastikan buatan darimana dan tahun pembuatannya,” tegas Erwin.

Erwin juga menambahkan, kejadian penemuan bom ini bukan yang pertama kali ditemukan oleh Warga. Seperti pada Bulan November Tahun 2018 lalu, Personel Satgas juga mengamankan sebuah bom bekas perang dunia kedua dengan panjang ±125 cm dan berdiameter 50 cm di Distrik Ramil Muara tami.

“Oleh karena itu, kita berharap agar warga masyarakat yang menemukan benda atau hal lain yang asing supaya segera melaporkannya ke aparat yang terdekat, untuk kita mengecek dan mengamankannya secara langsung,” tegas Erwin.

Ini penting, kata Erwin, supaya dapat mengantisipasi kejadian atau hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti timbulnya korban jiwa.

“Saat ini, area di sekitar penemuan Bom tersebut sudah disterilkan, demi
keamanan dan sudah dilaporkan ke Komando Atas untuk diambil tindakan lebih lanjut,” pungkasnya.

Sementara itu, Loter Worke pun menceritakan hal serupa dengan yang disampaikan Erwin, bahwa penemuan benda asing mirip bom tersebut ketika dia sedang berupaya untuk memperluas kandangnya babi di kebun sagunya.

“Saat itu saya menggali tanah untuk memperlebar kandang, lalu saya melihat sebuah benda. Saya kira kayu atau tongkat, ternyata agak panjang dan lonjong mirip bom. Karena saya takut terjadi apa-apa saya melapor kepada Danpos Nafri Bapak (Letda Inf) Deki,” ujarnya. (Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Satgas 328/K Amankan Area Lokasi Benda Mirip Bom PD Pertama