Dinas Penerangan

Satgas 755 Kostrad Gelar Sub Pin Cegah Kelumpuhan di Asmat

By 30 Mar 2019 No Comments
IMG-20190330-WA0027
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA,tniad.mil.id,- Guna mencegah generasi muda Papua dari kelumpuhan, Satgas Pamrahwan Yonif 755/Kostrad bersama Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Asmat menyelenggarakan sub-pin di SD YPPGI Kabupaten Asmat.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamrahwan Yonif 755/Kostrad Mayor Inf Agus Redyanto, S.E., dalam rilis tertulisnya, Sabtu (30/3/2019).

Diungkapkan Dansatgas, Polio telah menjadi Kejadian Luar Biasa di Papua New Guinea (PNG) yang tidak menutup kemungkinan akan berdampak ke sebagian besar wilayah Papua.

“Secara geografis Negara PNG dengan Provinsi Papua berada dalam satu pulau, dan juga sering terjadi perpindahan penduduk antar Negara, oleh karenanya penyebaran pernah penyakit Polio di Papua pun sangat memungkinkan, khususnya anak usia 0 sampai 15 tahun ,”ujar Agus Redyanto.

Oleh karena itu, menurut Agus Rediyanto, upaya yang dilakukannya tersebut diharapkan dapat mencegah penularan kepada kelompok usia dewasa maupun orang tua yang tidak mendapat imunisasi

“Apalagi kasus polio ini juga sudah ditemukan di beberapa wilayah provinsi Papua,” ungkapnya.

Mayor Agus, mengakui butuh kerja ekstra dalam memahami kebutuhan kesehatan masyarakat Asmat, hal itu karena masyarakat masih belum memiliki pemahaman dan kesadaran kesehatan diri sendiri yang cukup.

“Oleh karenanya diperlukan dukungan dari seluruh instansi terkait baik Pemda, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya guna menekan angka penyakit Polio tersebut,’’ terangnya.

“Kita berharap anak-anak di Kabupaten Asmat dapat tumbuh sebagai anak yang sehat, terbebas dari penyakit Polio karena mereka adalah penerus generasi yang akan datang,’’pungkasnya.

Terpisah, Serda Payawa yang bertindak sebagai Bintara Kesehatan (Bakes) Satgas mengatakan bahwa dirinya merasa senang dapat membantu pemerintah guna menyelamatkan generasi penerus bangsa.

“Kita semua berharap mereka adik – adik kita bisa lebih maju dan sehat dalam berkarya di Tanah Air Indonesia,’’ harapnya.

Salah satu wali murid SD YPPGI Kabupaten Asmat yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi apa yang telah dilakukan Satgas terhadap anak-anak pelajar di Kabupaten Asmat.

“Saya tidak lupa mengucapan terima kasih kepada Satgas,karena baru kali ini ada perhatian kepada anak didik , kita berharap anak-anak kita dapat tumbuh sehat sebagai generasi bangsa,’’ pungkasnya.(Dispenad)

Leave a Reply