Dinas Penerangan

Satgas Pamtas Militan, Manunggal dengan Rakyat

By 21 Mar 2019 No Comments
asa2
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai pasukan terpilih dan terlatih dalam menjaga NKRI, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonmek 521/DY harus militan, pantang menyerah serta tetap menjaga dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Demikian pesan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Isnawan saat mengunjungi Markas Komando Utama Sota Yonif Mekanis 521/DY di Merauke, Rabu (19/3/2019).

Kunjungan kerja Kasdam V/Brw tersebut merupakan peninjauan satuan yang sedang melaksankan penugasan operasi di wilayah Perbatasan RI-PNG, sekaligus pengawasan dan pengendalian operasi (Dalwasops) Kodam V/Brw Tahun Anggaran 2019.

asa

“Satgas Pamtas harus terus bersinergi dengan semua komponen masyarakat. Hal ini penting, karena setiap pelaksanaan tugas tidak akan berhasil tanpa adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen yang ada di wilayah tugas operasi,” ungkap Brigjen TNI Bambang Isnawan

“Seluruh personel Satgas Pamtas (Yonmek 521/DY) harus memiliki jiwa militan dan jangan pernah menyerah pada keadaan, dengan terus berupaya memahami kondisi sosial daerah tugas dan tugas pokok itu sendiri,” lanjutnya.

Disamping itu, tambah Kasdam V/Brw, saat melaksanakan pengamanan di dua puluh tiga pos perbatasan, para prajurit agar terus melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) yang baik dengan masyarakat, termasuk menghindari pelanggaran sekecil apapun.

Kemudian atas nama pimpinan dan Kodam V/Brw, dirinya memberikan apresiasi atas capaian pelaksanaan tugas yang telah dilakukan Satgas Pamtas dalam menjaga perbatasan RI-PNG. Pasalnya hingga bulan keenam saat ini, Satgas masih terus menunjukkan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab yang tinggi.

“Saya apresiasi atas pelaksanaan tugas yang telah dilakukan Yonif Mekanis 521, karena kini terus melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab termasuk masyarakat senang akan kehadiran Satgas di daerahnya,” ucapnya.

Selain itu, tutur Bambang Isnawan, dalam berbagai kegiatan yang sifatnya sosial dan kemanusiaan, Satgas senantiasa melibatkan masyarakat setempat.

“Saya datang ke sini sangat bangga dengan semangat kalian yang luar biasa, karena terbukti masyarakat senang dengan kehadiran kalian disisi mereka. Dari laporan yang saya dengar, kalian berhasil melaksanakan penugasan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat,” ujar orang nomor dua di Kodam V/Brw tersebut.

Kasdam meyakini, bahwa pasukan Yonif Mekanis 521/DY merupakan pasukan terpilih, terlatih, berdisiplin dan memiliki semangat juang yang tinggi. Oleh karenanya, dirinya mengharapkan agar selama melaksanakan tugas menjaga perbatasan, seluruh personil harus bekerja keras dan ikhlas melayani masyarakat.

“Juga jangan lupa, agar dalam pelaksanaan tugas untuk selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah lainnya, sehingga tugas yang tersisa tiga bulan kedepan dapat berjalan dengan lancar. Inilah wujud kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama Komandan Satgas Pamtas Yonmek 521/DY Letkol Inf Andi A. Wibowo, S.Sos., M.I.Pol., menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan Kasdam V/Brw ke satuan jajarannya tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari (mulai tanggal 19 s.d. 21 Maret 2019).

“Dalam kunjungan ini, Kasdam didampingi Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus A. Rauf, Waasops Letkol Inf Fadli Mulyono, Waasintel Kodam V/Brw Letkol Arm Imam Haryadi serta beberapa pejabat Korem 174/ATW,” ungkap Andi A Wibowo

Untuk diketahui, kedatangan Kasdam beserta rombongan di Mako Satgas Pamtas Yonif Mekanis 521/DY, disambut secara adat oleh Tua Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.

“Sebagai bentuk apresiasi dari warga, Kasdam bersama Danrem dipakaikan mahkota Cenderawasih dan disambut dengan tari-tarian dari suku Marin Merauke,” tutur Andi A. Wibowo.

Agenda kegiatan Kasdam V/Brw selama tiga hari tersebut tidak hanya melaksanakan peninjuan ke Pos-Pos Satgas Pamtas, namun juga melaksanakan bakti sosial berupa pemberian bingkisan langsung kepada masyarakat maupun kepada Prajurit Satgas di pos-pos yang terdapat masyarakatnya,” pungkasnya (Dispenad).

Leave a Reply