Kodam XVI/Patimura

Sekolah menempuh jarak 45 km, pelajar ditampung di Rumdis Koramil Air Besar

Oleh 07 Mar 2019 Tidak ada komentar
Sekolah menempuh jarak 45 km, pelajar ditampung di Rumdis Koramil Air Besar
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 1201/Mempawah memfasilitasi tumpangan 3 (tiga) pelajar kurang mampu untuk tinggal di rumah dinas Koramil 12/Air Besar. Hal tersebut disampaikan Dandim 1201/Mempawah, Letkol Arm Anom Wirasunu, dalam rilis tertulisnya, di Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (6/3/2019).

Diungkapkan Dandim, ketiga pelajar tersebut menumpang di rumah dinas Koramil Air Besar karena tidak ada sanak saudara yang dekat dengan sekolah mereka. “Sedangkan untuk indekos mereka tidak mempunyai biaya yang cukup, karena ekonomi orang tuanya pas-pasan,”ujarnya.

Dikatakan juga, demi melanjutkan pendidikan, mereka harus sekolah di SMA Air Besar, karena di kampung mereka tidak ada sekolah SMA. “Melihat semangat dan perjuangan mereka untuk tetap sekolah, kita membantu semaksimal mungkin, dan bila perlu diarahkan dan dibina untuk menjadi anggota TNI bila berminat,” tegas Anom.

Disebutkan Anom, ketiga pelajar tersebut berasal dari kampong yang berbeda. Dandi Setiawan (18), misalnya berasal dari Desa Semuntik, Darsono (19) Dusun Pelaik Desa Tengon, dan Apriyanto (19) Dusun Kuang, Desa Sempatung. “Jika tinggal di desanya, jarak yang harus mereka tempuh menuju sekolah begitu jauh, bahkan ada yang sampai 45 km, sehingga tidak menungkinkan mereka berangkat dari kampung halaman setiap hari untuk berangkat sekolah, pasti terlambat,”imbuhnya.

Selain memfasilitasi tempat tinggal, Kodim juga memberikan bantuan sembako, karena selama ini untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka hanya mengandalkan beras pemberian orang tua yang dikirim dari kampungnya, dan itu pun datangnya tidak menentu. “untuk mencukupi kebutuhannya saja, sepulang sekolah mereka bekerja serabutan untuk menambah biaya sekolah, “terang Anom.

Keberadaan TNI (Kodim Mempawah) lanjut Anom untuk membantu kesulitan masyarakat binaan, apalagi ketiga pelajar ini merupakan generasi muda bangsa yang perlu mendapat perhatian, karena kehidupan orang tuanya yang pra sejahtera.

“Fasilitas yang kita miliki (Rumah Dinas Koramil ) juga milik rakyat, sehingga rakyat pun berhak menikmatinya,”sambung Anom.

Lanjutnya lagi, jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, TNI dengan tangan terbuka selalu siap untuk membantu. “Jangan segan-segan, karena TNI milik rakyat dan berasal dari rakyat, sudah seyogyanya kita saling membantu,”tuturnya.

Sementara itu Aprianto, seorang pelajar kelas 3 SMA Air Besar, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika Kodim memberikan tumpangan bagi dirinya dan dua temannya untuk tinggal di rumah dinas Koramil. “Terima kasih Pak TNI, berkat fasilitas ini, kami tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk indekos,”ucapnya penuh haru.

“Bantuan yang diberikan ini tak akan kami lupakan, dan berjanji untuk belajar sungguh-sungguh meraih cita-cita,”pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel