TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sembuhkan Ambeien dengan Alami

By 17 Mar 2019 March 20th, 2019 Tips Kesehatan
hadi3

Bismillah, Ambeien adalah pelebaran vena di dalam pleksus hemorroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Hemorrhoid merupakan pembengkakan submukosa pada lubang anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil, dan jaringan areola yang melebar.

Hemorrhoid, penyakit ambeien, atau wasir dapat dialami oleh siapapun. Sayangnya, seringkali penderita merasa malu atau dianggap tidak penting maka kurang memerhatikan gangguan kesehatan ini. Secara anatomi penyakit ambeien adalah perubahan fisiologis, bukan sebuah penyakit.

Wasir atau ambeien terjadi karena disebabkan oleh pelebaran pleksus haemorroidalis di anus. Pelebaran ini timbul akibat peningkatan tekanan pembuluh darah vena saat mengedan keras (konstipasi) atau perubahan haemodinamik yang kronis (selama proses kehamilan). Pembesaran pleksus biasa ditemukan pada posisi jam-jam tertentu pada pemeriksaan fisik (colok dubur).

Selain itu, penyebab ambeien atau wasir bisa terjadi karena faktor predisposisi lainnya seperti:

Pola diet yang rendah serat (kurang makan buah dan sayur).

Penekanan aliran balik darah vena, seperti pada kanker rektum dan peradangan di sekitar anus.

Menderita diare kronis (diare lama yang tidak kunjung sembuh).
Adanya peningkatan tekanan intra-abdoment (pada wanita hamil).

Cara mengatasi ambeien dengan tradisional(herbal)

CUKA APEL

Menggunakan cuka apel adalah salah satu cara mengobati ambeien yang banyak ditemui. Caranya cukup dengan merendam kapas pada sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke daerah wasir. Ulangi proses ini sampai peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus ketika Anda mandi.

LIDAH BUAYA

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya, mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat ambeien sangatlah mudah, cukup siapkan lidah buaya secukupnya rebus dengan air secukupnya, lalu pakailah membilas anus ketika habis BAB.

BAWANG PUTIH

Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi obat alami ambeien. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih di hancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh  untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena ambeien, atau juga dapat dimakan secara mentah.

Semoga dapat dipahami tulisan ini, dan selalu jaga pola makan, olahraga, dan tidak lupa untuk berdoa meminta agar diberi kesehatan oleh sang pencipta.

Semoga bermanfaat

Kirim Komentar/Pertanyaan

Sembuhkan Ambeien dengan Alami