Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Sertu Sutega, “Mantri Hewan” Yang Didatangi Para Peternak Kambing

Dibaca: 116 Oleh 29 Mar 2019Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – sebagai seorang Babinsa di Koramil 0910-07 Mentarang, Kodim 0910/Malinau Sertu Sutega membantu mengatasi kesulitan masyarakat peternak kambing di wilayahnya yang banyak terserang penyakit, Senin, (25/03/2019).

Hal tersebut disampaikan Dandim 0910/Malinau Letkol Kav Yudi Suryatin dalam rilis tertulisnya, di Malinau, Kalimantan Utara, Kamis (28/3/20190.

Dikatakakan Dandim, Sertu Sutega yang keseharianya sebagai Babinsa di Koramil 07/Mentarang Kodim 0910/Malinau, telah dikenal oleh peternak kambing di wilayah Kabupaten Malinau, hal ini berawal dari keberhasilanya dalam mengembangkan ternak kambing jenis Peranakan Etawa (PE).

“ Mengingat banyaknya kendala penyakit ternak kambing di wilayah ini yang terjangkit penyakit kudis yang mengakibatkan kematian bagi ternak yang ada, tetapi situasi ini tidak terjadi pada peternakan kambing Sertu Sutega, “ jelas Dandim.

Dengan berawal dari dua ekor kambing, dalam tempo kurang dari lima tahun sudah bisa berkembang mencapai puluhan ekor anak kambing dan yang cukup menarik dari pola ternak Sertu Sutega, kambingnya bisa beranak rata-rata tiga ekor sekali beranak bahkan pernah beranak empat ekor dari indukan yang dewasa.

Baca juga:  Sukuran HUT Ke-40 Korem 102/Pjg Secara Sederhana

Bermula dari keberhasilanya beternak kambing milik pribadi, masyarakat sekitar merasa kagum pada ternak kambing milik Sertu Sutega yang sehat dan tanpa cacat maupun penyakit. Atas kondisi tersebut, warga meminta Sertu Sutega untuk membantu dalam cara beternak kambing yang baik.

“ Kepada para warga yang beternak kambing, saya memberikan suntikan vaksin kepada kambing-kambing tersebut dengan dua kali suntukan dalam dua bulan, tujuannya agar hewan ternaknya tidak mudah terserah penyakit dan tumbuh sehat, “ ujar Sertu Sutega yang di kampunya dijuluki Mantri hewan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel