Kodam XVI/Patimura

TMMD 104 Hadirkan Irigasi Untuk 70 Ha Sawah

By 23 Mar 2019 No Comments
1a__2_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Satgas TMMD 104, Kodim 1508/Tobelo menghadirkan irigasi untuk mengaliri 70 Hektar lahan sawah milik Kelompok Tani (Poktan) Desa Sidomulyo, Kecamatan Kao Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD Kodim 1508/Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku, Sabtu (23/3/2019).

Diungkapkan Dansatgas TMMD, pembangunan saluran irigasi ini (dipimpin Kapten Inf I Putu Artana Jaya) merupakan salah satu langkah TNI dalam membantu masyarakat di bidang pertanian, khususnya bagi Kelompok Tani Sidomulyo.

“Selain itu, pendampingan cara pengolahan lahan, tanam, pengobatan, hingga membantu pemupukan sampai masa panen juga terus dilakukan,”ujarnya.

“Bahkan distribusi pupuk dan proses penjualan hasil panen,juga tetap dikawal oleh para prajurit TNI AD, agar para petani bisa meningatkan produktivitas panen sekaligus membantu kesejahteraannya,”ucap Tri Sugiarto.

Ditambahkan, selama ini kelompok tani setiap musim tanam, para petani melakukan pengairan dengan sistem tanam tadah hujan, dan ada sebagian yang menggunakan sistem pompanisasi.

“Namun dengan sistem Pompanisasi ini mereka merasa berat karena tidak sesuai biaya operasional yang dikeluarkan dengan hasil yang didapatkan,”jelasnya.

Melihat keadaan seperti ini, tambah Tri Sugiarto, Satgas TMMD terpanggil untuk membantu para petani dengan membuatkan saluran secara sekunder, agar lahan seluas 70 hektar dapat menghasilkan padi yang jauh lebih melimpah, berkat pengairan yang teratur,”terangnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Sidomulya, Arifin (52) mengatakan, para petani sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Satgas TMMD ke 104 kepada Pok Tani Desa Sidomulyo.

“Berbekal tekad dan semangat serta kekompakan antara TNI dengan masyarakat, akhirnya impian para petani memiliki saluran irigasi terwujud,”tuturnya.

Dirinya berharap, dengan adanya saluran irigasi ini para petani makin bersemangat dalam bekerja karena tidak lagi menggunakan sistem pompanisasi maupun tadah hujan.

“Berkat Bapak-Bapak TNI kini kami memiliki saluran irigasi yang bagus, terima kasih atas bantuannya, semoga TNI selalu sukses,”pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply