Kodam XII/Tanjungpura

TNI Ajak Generasi Muda Tumbuhkan Cinta Tanah Air

By 29 Mar 2019 No Comments
1a__3_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Peduli dengan generasi muda, Kodim 1011/KLK memberikan pendidikan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada Siswa SMPN 1, Kuala Kapuas.

Tersebut disampaikan Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Jumat (29/3/2019).

Diungkapkan Dandim, kegiatan Wasbang dan cinta tanah air ini dipimpin Babinsa Serda Surateni, S.Pd., yang diikuti 50 siswa/siswi, pada Kamis (28/3/2019).

“Kegiatan ini diberikan agar para siswa tidak melupakan tentang sejarah, budaya dan ideologi Pancasila serta lebih mencintai tanah air, “ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, para pelajar agar selalu menghargai perbedaan budaya, adat istiadat dan perbedaan agama, sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Meskipun kita berbeda-beda baik suku, budaya dan agama, tetapi kita adalah satu yaitu bangsa Indonesia dan harus kita jaga bersama keutuhannya,”ucapnya.

“Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa supaya berbuat yang terbaik, tidak saling bertengkar serta rajin belajar agar dapat menggapai apa yang kelak dicita-citakan,” tegas Bambang Kristianto.

Sementara itu Serda Surateni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa akan sejarah-sejarah bangsa Indonesia dan perjuangan para pahlawan yang berusaha membebaskan diri dan mengusir penjajah dari bumi nusantara.

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan tertanam rasa cinta tanah air dan lahir generasi penerus bangsa berjiwa patriotisme yang akan selalu membela tanah air yaitu NKRI,”jelasnya.

“Disamping itu juga pemberian wawasan kebangsaan sejak dini sangatlah penting mengingat pada zaman sekarang yang semakin maju dan serba canggih, kita harus siap menghadapi berbagai ancaman yang datang baik itu dari luar maupun dari dalam, maka dari itu dengan adanya kegiatan ini akan tercipta generasi yang berkarakter Nasionalis, yang berjiwa satu kesatuan guna meningkatkan ketahanan Nasional,”terang Surateni.

Salah seorang guru SMPN 1 Kapuas Hilir, Darsono mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI AD (Kodim Kapuas) akan pendidikan generasi muda dan datang ke sekolah-sekolah dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada siswa/siswi.

“Pembinaan karakter seperti ini sangat penting bagi anak-anak untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme mereka sejak dini kepada bangsanya,”pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply