Dinas Penerangan

Wujud cinta NKRI dan TNI, Germanus Hibahkan Tanah Ribuan Meter

By 24 Mar 2019 No Comments
WhatsApp_Image_2019-03-24_at_06.39.04
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai wujud kecintaannya kepada NKRI dan TNI, salah satu warga perbatasan RI-PNG hibahkan ribuan meter tanah kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 521/DY.

Tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 521/DY, Letkol Inf. Andi A. Wibowo S.Sos., M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya, Sabtu (23/3/2019).

Diungkapkan Dansatgas, Yanggadur merupakan salah satu Desa di Distrik Sota yang terletak di wilayah Merauke dan berbatasan langsung dengan PNG.

“Sungguh sangat terharu dan bangga kepada saudara kita, yaitu Germanus Mbangu. Ditengah keterbatasan yang ada, telah menunjukan sikap nasionalisme dan patriotisme nya kepada kita semua,” ujar Andi.

“Yaitu dengan menyerahkan tanah kepada Satgas Pamtas Yonif 521, suka rela,” tambahnya.

Menurut Andi, karena kecintaanya kepada NKRI dan juga TNI, Germanus menghibahkan tanahnya seluas 32 x 34 m atau sekitar 1008 m2 di Kampung Yanggadur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (22/3/2019).

“Proses penyerahan Surat Tanah Hibah tersebut diserahkan langsung oleh Germanus kepada Danpos Yanggandur (Letda Inf Gatot Mustofa) yang disaksikan oleh warga dan aparat pemerintah daerah setempat,” tegasnya

“Ini juga membuktikan bahwa warga yang berada di perbatasan memilik kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan yang tinggi serta kemanunggalan yang sangat erat, bahkan melekat dengan TNI,” imbuh lulusan Akmil 2001 itu.

Sikap dan tindakan dari Germanus, menurut Andi sebagai salah satu umpan balik dari kinerja Satgas Pamtas selama ini kepada masyarakat.

“Sebenarnya bukan hanya kita (Satgas Yonif 521) saja, melainkan juga akumulasi Satgas Pamtas yang selama ini begitu dekat dalam menjamin keamana wilayah dan membantu kesulitan rakyat,” kata Andi.

“Selaras dengan jati diri TNI, rakyat adalah segalanya, baik sebagai tujuan maupun subyek dalam pengabdian dan pembangunan disegala bidang,” tambahnya.

Terkait dengan tanah hibah, mantan Kepala Staf Administrasi Pangdam V/Brawijaya pun berjanji, akan dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan negara dan bangsa serta membantu warga.

“Karena di TNI AD ada prosedur tersendiri maka Hibah ini akan dilaporkan secara berjenjang kepada Pangdam XVII/Cenderwasih melalui Danrem 174/Anim Ti Waninggap dalam rangka proses lebih lanjut,” tutur Andi.

Pernyataan Dansatgas tersebut diamini oleh Germanus Mbanggu. Dia mengatakan bahwa apa yang dilakukannya semata-mata karena rasa peduli serta kecintaanya kepada NKRI.

“Terlebih TNI, supaya dapat menjalankan tugas negara dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Germanus sangat berharap agar keberadaan Satgas di wilayahnya tidak hanya dapat menjamin keamanan wilayah semata, namun juga dapat mendorong semangat warga masyarakat Yanggadur untuk lebih maju. (Dispenad).

Leave a Reply