Dinas Penerangan

Anjangsana Satgas Yonif PR 328, Cegah Perselisihan Warga

By 03 Apr 2019 No Comments
IMG-20190403-WA0038
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id,- Menghindari terjadinya konflik antar Kampung Yetti dan Kampung Kibay beberapa hari yang lalu, personel Pos Kaliasin Satgas 328/DGH yang dipimpin Sertu Hariyono rutin melakukan anjangsana kepada tokoh masyarakat Kibay di Distrik Arso Timur.

Demikian dikatakan Dansatgas Yonif PR 328 Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M. Tr (Han), dalam rilis tertulisnya di Skouw, Papua. Rabu (3/4/2019).

Dijelaskan Erwin, konflik antar kampung maupun antar individu kerap terjadi di wilayah perbatasan, baik karena salah paham ataupun adanya pertikaian yang menyebabkan timbulnya pergesekan masyarakat.

Beberapa hari lalu telah terjadi perselisihan yang disebabkan kesalahpahaman antar pemuda Kampung Yetti dan pemuda Kampung Kibay, dimana pemuda Kampung Yetti mencurigai pemuda Kampung Kibay membawa barang terlarang.

“Merasa tidak terima akan tuduhan tersebut, antar kedua kampung sempat terjadi perselisihan,” terang Erwin.

Menanggapi hal tersebut, sambung Erwin, agar tidak berdampak luas, personel Pos Satgas melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi para tokoh masyarakat Kampung Kibay.

“Diantaranya Kepala Kampung Kibay Charles Numbun, Ketua RT Bapak Daniel Kuntui, Tokoh Adat Kampung Kibay Antonius Putui dan Kepala Suku Kampung Kibay Silvester Boream,” ucapnya

Anjangsana yang dilakukan personel Pos Kaliasin dengan melaksanakan Komsos tersebut, bertujuan agar perselisihan yang terjadi antar Kampung dapat diselesaikan secara baik-baik dan damai.

“Sudah dikumpulkan para pemuda bersama dengan para tokoh masyarakat dan sudah disepakati untuk kedepan tidak boleh lagi terjadi keributan karena semua kampung yang ada di Kabupaten Keerom masih satu saudara dan satu suku,” ujar Erwin.

Charles selaku Kepala Kampung pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Personel Satgas yang bertugas untuk terus menciptakan kenyamanan dan meredam masalah yang timbul akibat perselisihan antar kampung.

“Saya berharap apabila timbul suatu masalah kembali antar kedua kampung, personel Satgas sebagai mediator untuk meredam masalah yang timbul nantinya,” ucapnya. (Dispenad)

Leave a Reply