Kodam XII/Tanjungpura

Gerakan Tata Lingkungan, Cegah Banjir di Anjir Serapat

Oleh 25 Apr 2019 Tidak ada komentar
Gerakan Tata Lingkungan, Cegah Banjir di Anjir Serapat
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Mengantisipasi bencana banjir yang melanda beberapa wilayah Anjir Serapat , Kabupaten Kuala Kapuas, Babinsa Koramil 1011-03/Anjir Serapat memberikan sosialisasi gerakan tata lingkungan ke desa-desa.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Inf Bambang Kristianto Bawono, S.I.P. dalam rilis tertulisnya di Kuala Kapuas, Rabu (24/04/2019)

Dikatakan Dandim, kondisi wilayah yang berdataran rendah bila musim penghujan tiba dengan intensitas tinggi memungkinkan terjadinya banjir namun kondisi tersebut dapat diminimalisir dampaknya dengan antisipasi masyarakat dengan menata dan menjaga lingkungannya agar terhindar dari bencana yang berdampak besar.

“ Saya instruksikan kepada Babinsa Koramil jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas untuk keliling desa memberikan sosialisasi kepada warga pentingnya menata dan menjaga lingkungannya jika sungai meluap dampak banjirnya dapat diminimalisir”, ujarnya.

Terpisah, Babinsa Koramil 1011-03/ Anjir Serapat, Serda Fajar mengatakan, perlu diwaspadai terhadap aliran sungai yang tidak termonitor bila mengalami gangguan longsor seperti pada bagian dinding sungai.

“ Untuk itu perlu kiranya masyarakat pada musim penghujan seperti ini melakukan pengawasan bersama agar dapat mengambil langkah penanganan bila terjadi longsor”, ucap Serda Fajar.

Dalam sosialisasinya, Serda Fajar memberikan berbagai langkah antisipasi bila terjadi bencana antara lain untuk menyiapkan makanan siap saji, obat-obatan, merapikan dan menyimpan dokumen dan barang-barang berharga ditempat yang aman.

“ Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir, jika air terus meninggi, hubungi instansi terkait dengan penanggulangan bencana seperti kantor Kepala Desa, Lurah, Camat atau Babinsa terdekat”, pungkasnya. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel