Kodam V/Brawijaya

Jamban Sehat Koramil Puri Bagi Warga Kurang Mampu

Oleh 23 Apr 2019 Tidak ada komentar
Jamban Sehat Koramil Puri Bagi Warga Kurang Mampu
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Koramil 0815/04 Puri gelar Karya Bakti Gema Sang Juara pembuatan jamban sehat bagi keluarga kurang mampu di wilayah binaannya.

Hal tersebut disampaikan Kapenrem 082/CPJY Mayor Caj (K) Candra Yuniarti, dalam rilis tertulisnya, Selasa (23/4/2019).

Saat ditemui usai apel siaga di Makoramil Puri, Jumat (19/4/2019), Danramil 0815/04 Puri, Kapten Inf Sumiarso mengatakan bahwa program jambanisasi yang dilaksanakan Koramil 0815/04 Puri menyasar sejumlah 16 rumah warga di wilayah binaan. Yakni Desa Plososari, Puri, Brayung, Ketemasdungus, Kintelan, Medali dan Desa Mlaten.

Menurut Danramil penentuan sasaran program jambanisasi itu berdasarkan dari hasil survey di lapangan dan koordinasi Babinsa dengan pihak Desa.

“Penentuan sasaran, tentunya dengan beberapa kriteria. Diantaranya warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata UMK dan belum memiliki jamban,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, ini merupakan salah satu bentuk konkret pembinaan teritorial (Binter) melalui program Bakti TNI dalam rangka pembinaan wilayah demi tewujudnya ketahanan wilayah.

“Program jambanisasi bagi keluarga kurang beruntung secara ekonomi ini merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Dalam pembuatan jamban sehat tersebut, ujar Danramil, dikerjakan oleh anggota Koramil 0815/04 Puri, Kodim 0815/Mojokerto bersama warga masyarakat setempat.

“Program ini dimulai sejak bulan April minggu kedua, targetnya pada akhir April ini sudah dapat dituntaskan,” ucapnya.

Danramil berharap dengan adanya program ini, akan mewujudkan kesadaran warga untuk menciptakan lingkungan sehat dan nyaman.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong-royong serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Sementara itu ditempat terpisah, Sunoto (51), warga Dusun Kendalsari Desa Plososari, salah satu penerima bantuan jamban mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

“Terima kasih kepada Bapak Danramil dan anggota TNI dari Koramil Puri yang telah membangun jamban bagi keluarga kami,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Gufron (45), warga Dusun Tirim Desa Plososari, yang juga menerima bantuan program jambanisasi dari Koramil Puri. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel