Dinas Penerangan

Kodam VI/Mlw Dukung Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

By 14 Apr 2019 No Comments
WhatsApp_Image_2019-04-14_at_20.51.33
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id,- Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Provinsi Kalimantan Timur khususnya daerah-daerah terpencil, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto, menyiapkan pesawat Heli jenis Bell 412 No. Reg. HA 5183 untuk pendistribusian logistik kotak suara dan formulir Pemilu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino, S.I.P, dalam rilis tertulisnya di Balikpapan, Kaltim. Minggu (14/4/2019).

Diungkapkan oleh Dino bahwa dukungan helikopter BKO Koops Kodam VI/Mlw tersebut, merupakan realisasi kerjasama sesuai permintaan Ketua KPUD Kalimantan Timur, Rudiansyah, kepada Pangdam VI/Mlw yang difokuskan pada pemberian dukungan pelaksanaan distribusi logistik Pemilu di daerah sulit terjangkau.

“Proses pendistribusian logistik Pemilu di wilayah pedalaman banyak yang sulit dijangkau dengan transportasi darat. Karenanya diperlukan dukungan transportasi udara sehingga dapat menjamin ketepatan waktu pelaksanaan Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang,” ungkap Dino.

Siaga operasional Helikopter TNI AD, sambung Dino, yang diawaki oleh pilot Mayor Cpn Handry Wibowo dan Kopilot Lettu Cpn Mofa, sesuai perintah Pangdam VI/Mulawarman dimulai sejak tanggal 11 April 2019 kemarin dan diperuntukan bagi wilayah Kabupaten Mahakam Hulu yaitu Kecamatan Long Bagun ke Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai.

“Kedua wilayah tersebut secara geografis merupakan wilayah yang sulit untuk dijangkau dengan menggunakan kendaraan darat maupun air, sehingga diperlukan alat angkut udara untuk menuju kesana,” ucapnya.

Kegiatan pendorongan Logistik Pemilu 2019 untuk wilayah yang sulit terjangkau dilaksanakan pada hari Minggu 14 April 2019, yang mulai didorong menggunakan helikopter Bell 412 pada pukul 13.50 Wita. Turut ikut dalam distribusi tersebut 4 orang Crew Heli dan Ketua Bawaslu Kab. Mahakam ulu, Wakapolres Kubar dan Seketaris KPU.

“Secara keseluruhan untuk jumlah logistik pemilu tersebut berupa 15 buah kotak suara untuk wilayah Long Apari dan Long Pahangai serta 3024 lembar formulir C6 ke Long Apari dan 3984 lembar formulir C6 ke Long Pahangai,” terang Dino.

“Untuk perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 2 jam penerbangan hingga tiba di daerah tersebut apabila cuaca memungkinkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, lulusan Akmil 1996 tersebut menyampaikan untuk dukungan heli jenis Bell 412 ini akan terus digunakan sampai dengan proses pendistribusian logistik Pemilu ke daerah yang sulit dijangkau selesai dilaksanakan.

“Hal ini untuk menjamin tersedianya logistik dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Kaltim dapat terpenuhi dan berjalan dalam keadaan aman dan lancar,” pungkas Dino. (Dispenad)

Leave a Reply