Kostrad

Latihkan PBB, Satgas Yonif 725 Tumbuhkan Budi Pekerti dan Karakter Kebangsaan

By 09 Apr 2019 No Comments
2a__4_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter kebangsaan, prajurit Satgas Yonif 725/Wrg melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tata cara upacara bendera bagi siswa-siswi SD YPPK Yuruf, Kampung Amgorto, Distrik Yaafi.

Tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 725/Wrg, Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P., dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (9/4/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini sebagai salah satu upaya Satgas Yonif 725/Wrg dalam membantu pihak sekolah guna menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para murid, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

“Anak-anak di perbatasan perlu selalu ditanamkan jiwa-jiwa kepemimpinan dan kebersamaan, dengan begitu akan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan mereka kepada bangsanya sendiri,”ujarnya.

Selain itu, tambah Hendry, sebelumnya juga Pos Yuruf dipimpin Lettu Inf Herman, telah memberikan wawasan kebangsaan dan mensosialisasikan cara hidup sehat kepada murid Sekolah Dasar YPPK.

“Kebersihan itu adalah sebagian dari iman, sehingga menjaga kebersihan adalah suatu kewajiban dan keharusan bagi kita, dengan hidup bersih juga dapat membuat diri dan lingkungan kita menjadi sehat serta suasanapun menjadi nyaman,”jelasnya.

Adapun pengajaran tata cara bendera tambahnya, merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi para murid, agar para siswa memiliki jiwa nasionalisme sejak dini.

“Kegiatan upacara ini bukan hanya sekedar keharusan untuk melaksanakannya setiap Hari Senin, kegiatan ini juga sangat penting karena mengandung nilai-nilai kepemimpinan serta menumbuhkan kerja sama antar siswa saat ditunjuk menjadi petugas upacara,”terang Hendry.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPPK Yuruf, Vincen Uropkolin, S.Pd. mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 725/Woroagi, kepada para siswanya.

“Para murid terlihat sangat senang dan antusias mengikuti latihan yang diajarkan oleh Satgas Yonif 725/Woroagi, apalagi diselingi dengan permainan makin menambah semangat mereka dalam berlatih,”tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini rutin diajarkan kepada siswa-siswi di perbatasan, agar jiwa nasionalisme mereka juga tumbuh sejak dini.

“Kehadiran Satgas sangat kami rasakan manfaatnya, selain menjaga wilayah perbatasan, prajurit Woroagi juga terlibat langsung dalam kegiatan sekolah dan kemasyarakatan,”pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply