Kostrad

Lomba PBB Sebagai Wahana Pembinaan Disipin Pelajar

By 06 Apr 2019 No Comments
39._Yonif_Mekanis_Raider_413_Kostrad_Gelar_Lomba_PBB__7_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka memperingati HUT Ke-58 Kostrad, Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad mengadakan lomba Baris berbaris tingkat SMA/SMK se-Solo Raya.

Hal tersebut disampaikan Wadanyonif Raider 413 Kostrad Mayor Agung Ari Wibowo dalam rilis tertulisnya di Solo, Jumat (5/4/2019).

Dikatakan Mayor Agung, lomba PBB ini digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad.

Dijelaskannya, lomba dimulai pada pukul 08.00 Wib dengan peserta 19 peserta dari SMA/SMK se-Solo Raya. Setiap peleton terdiri dari 18 anggota dan satu Danton dengan lama waktu lomba selama 20 menit.

Dalam sambutannya Danyonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad yang diwakili oleh Wadan Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad, Mayor Inf Agung Ari Wibowo mengatakan bahwa mempersiapkan generasi yang tangguh untuk masa depan bangsa dan negara Indonesia adalah kewajiban kita semua.

” Generasi yang sehat jasmani dan rohani dengan kepribadian Pancasila itu harus dikerjakan bersama – sama dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa, ” ujar Mayor Agung saat membacakan sambutan Danyonif 413.

Lebih lanjut Wadan Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad menyampaikan, kegiatan lomba baris berbaris ini merupakan rangkaian memperingati HUT ke-58 Kostrad, selain itu juga sebagai upaya menanamkan kedisiplinan bagi generasi muda.

“Kegiatan ini juga untuk melatih diri sebagai pribadi disiplin yang punya kepekaan sosial yang tinggi. Melalui ajang ini diharapkan menjadi sarana kompetisi untuk menguji kedisiplinan, konsentrasi, kekompakan, kekuatan fisik dan mental,” pungkas Mayor Inf Agung Ari Wibowo.

Tujuan kegiatan ini lmbuhnya, adalah sebagai salah satu sarana untuk membentuk karakter generasi muda yang disiplin, loyal, bertanggung jawab dan cinta tanah air. Dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang ada juga yang kalah, jagalah sportivitas bertanding. Kedisiplinan akan menunjang keberhasilan seseorang, moment ini sangat tepat dilaksanakan agar para siswa mempunyai jiwa disiplin, sikap yang tegap dan tegas.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi Satuan Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad dengan para siswa, untuk mempererat persatuan dan kesatuan dan saling mendukung.

Pada kesempatan yang sama, Serka Maryono selaku salah satu juri menyampaikan, saat ini kemampuan baris berbaris antar SMA/SMK sudah merata. Ini dibuktikan selisih nilai yang diperoleh sangatlah tipis, sehingga membuat juri ekstra hati-hati dalam penilaian untuk menentukan sebagai juara.

Keluar sebagai juara I SMK N 2 Karanganyar, Juara II SMKN 1 Sukoharjo, sedangkan juara III diraih SMK Penerbangan. Para pemenang lomba telah melalui 6 unsur penilaian meliputi gerakan dasar di tempat, gerakan berjalan, gerakan perubahan arah, gerakan variasi, kerapian pakaian dan terakhir kedisiplinan.

Leave a Reply