Kodam XII/Tanjungpura

Motivasi Warga Binaan, Babinsa Ajak Peternak Kembangkan Usahanya

By 03 Apr 2019 No Comments
IMG_20190403_162518_500
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai Aparat Teritorial, Babinsa terpanggil untuk membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, salah satunya memberi motivasi kepada peternak kambing dalam mengembangkan usahanya.

Tersebut disampaikan Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.IP., dalam rilis tertulisnya, di Kapubaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (3/4/2019).

Diungkapkan Dandim, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1011-05/Sei Tatas, Serda Tatang, di luar tugas pokoknya selalu menyempatkan diri melaksanakan anjangsana atau komsos mempererat tali silaturahmi ke tempat pertenakan kambing milik warga, di Desa Bunga Mawar, Kecamatan Pulau Petak, Selasa (2/4/2019).

“Komsos ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk memajukan peternakan dan mengetahui sejauhmana perkembangan situasi di wilayah binaan, sekaligus mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat,”ujarnya.

Kegiatan Komsos ini lanjut Dandim, bertujuan untuk memotivasi para peternak mengembangkan usahanya, sekaligus mendorong para peternak mencari inovasi baru penggemukan kambing.

“Mengembangkan ternak kambing merupakan prospek yang sangat menjanjikan, karena pangsa pasarnya begitu luas, selain untuk kurban, sehari-harinya selalu dicari para pengelola warung sate,”ucapnya.

Sementara itu Babinsa Tatang mengatakan, dengan mengunjungi para peternak kambing, dirinya menjadi tahu permasalahan yang dihadapi mereka, selain itu para peternak makin termotivasi karena ada teman yang diajak sharing.

“Selama ini keluhan para peternak, minimnya pengetahuan mengembangkan usahanya. Maka dari itu, saya mengajak mereka diskusi, sekaligus membantu memecahkan persoalan yang mereka hadapi,”jelasnya.

“Sebagai Babinsa, saya memberikan motivasi, dorongan dan ide-ide yang diharapkan bermanfaat guna mengembangkan usaha ini, dengan harapan semakin banyaknya masyarakat yang berwirausaha , maka akan ikut menambah penghasilan,”terang Tatang.

Sedangkan, Purwanto (42) pemilik ternak kambing menyampaikan, dengan adanya bimbingan Babinsa, para peternak yang ada di Desa Bunga Mawar jumlahnya kian bertambah.

“Kami berterima kasih atas dorongan dan masukan yang diberikan Bapak Tatang, dirinya tak pernah lelah berkeliling desa binaannya baik siang dan malam membantu masyarakat, ksususnya kami para peternak,”tuturnya.

Dirinya berharap, kepedulian Tatang kepada masyarakat binaannya menunjukkan kehadiran TNI (Babinsa) untuk membantu masyarakat, melindungi sekaligus menjadi motivator bagi peternak.

“Terima kasih Pak atas bantuan pikiran dan tenaganya terhadap masyarakat, semoga kebaikkan Bapak selalu mendapat berkah dari Yang maha Kuasa, “pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply