Kodam V/Brawijaya

Peduli Pembangunan, Babinsa Gamping Bantu Warga Bangun Jalan

By 04 Apr 2019 No Comments
2a
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id,- Disela-sela kesibukannya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gamping Pos Ramil Suruh, Serda Hery bersama warga melaksanakan kerja bakti pembuatan jalan rabat beton di RT. 28/03 Desa Gamping, Trenggalek.

Hal tersebut dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos dalam rilis tertulisnya di Trenggalek, Kamis (4/4/2019).

Diungkapkan Dandim bahwa dalam melaksanakan tugasnya seorang Babinsa menjalankan fungsi Pembinaan Teritorial (Binter) yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah.

“Mereka juga berperan penting dalam kemajuan pembangunan di wilayah binaannya, salah satunya sebagai motor penggerak bagi masyarakat desa, terutama dalam pembangunan desa,’’ ungkapnya.

“Sebagai contoh, dengan apa yang telah dilakukan Serda Hery, bersama-sama masyarakat melakukan kerja bakti pembuatan jalan rabat beton pada Rabu (3/4/2019) kemarin,’’ terangnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan perwujudan dari kebersamaan TNI – Rakyat, dalam hal ini Babinsa sebagai ujung tombak teritorial TNI yang ikut berperan aktif ditengah-tengah kegiatan masyarakat.
“Selain itu, karya bakti juga merupakan salah satu tugas dari fungsi Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam mengaplikasikan pembinaan wilayah di lapangan,’’ ujarnya.

Letkol Dodik berharap, apa yang telah dilakukan Serda Hery sebagai motor penggerak bagi warganya, patut dicontoh Babinsa lainnya.

Sementara itu, Syamsudin (62), salah satu tokoh masyarakat setempat menyampaikan rucapan asa terima kasihnya atas pendampingan yang telah diberikan Serda Hery.

“Saya ucapkan terima kasih mewakili dari warga lainnya atas kehadiran dan kepedulian Babinsa yang selalu ada bersama warga dalam setiap kegiatan,’’ terangnya.

Menurutnya, kehadiran TNI khususnya Babinsa Pos Ramil Suruh merupakan spirit tersendiri bagi masyarakat. Warga masyarakat menjadi lebih bersemangat, berbondong-bondong datang untuk saling membantu melaksanakan kerja bakti demi kemajuan desa. (Dispenad).

Leave a Reply