Kodam IV/Diponegoro

Pelda Jahri Rubah Barang Bekas Jadi Alat fitness

By 03 Apr 2019 No Comments
7a__3_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Bagi pencita olahraga otot, anggota Koramil 13/Sleman berinovasi membuat alat olahraga berupa Barbel dari bahan-bahan sederhana tapi berkualitas.

Tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, S.E., dalam rilis tertulisnya, di Kota Brebes, Rabu (3/4/2019).

Disampaikan Faisal, si pembuat inovasi itu bernama Pelda Jahri, dia adalah Bati Tuud Koramil 13/Salem Kodim 0713/Brebes.

Saking kecintaannya dan pentingnya olahraga, tambahnya, Jahri membuat Barber untuk olahraga penguatan otot dari bahan-bahan sederhana.

“Meskipun Barbel itu dibuat dari bahan-bahan bekas dan sederhana, namun kwalitasnya hampir sama dengan buatan pabrik,” katanya.

Dandim mengatakan,
Olahraga merupakan kebutuhan penting bagi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Olahraga yang meningkatkan fisik biasanya dilakukan untuk menguatkan otot tertentu ataupun untuk meningkatkan penampilan.

“Banyak sekali ragam dari olahraga fisik ini, salah satu angkat barbel,” paparnya.

Olahraga ini cukup diminati khususnya oleh pria, tambahnya, selain untuk menguatkan tangan, olahraga ini membuat penampilan lebih garang.

Angkat barbel sendiri tidak membutuhkan tempat yang luas, dari segi waktu pun angkat barbel bisa dilakukan disela-sela kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Terlebih Barbel bisa kita buat sendiri, seperti yang dilakukan anggotanya (Pelda Jahri).

Menurut pengakuan Jahri, tidak usah mengeluarkan uang banyak untuk membeli barbel. Cukup memerlukan beberapa barang bekas, besi dan semen.

“Saya merekomendasikan Super White Cement dari semen, karena warnanya lebih putih dari brand yang lain, kemudian dari segi kualitas lebih bagus dan pastinya kokoh tak tertandingi,” ucapnya.

Jahri pun menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat barbel yaitu semen putih, air, pipa bekas sekitar 50 cm, ember bekas 1kg dan Cat. Untuk alatnya hanya cukup mengunakan sendok tembok saja.

Apabila bahan dan alat-alatnya sudah siap, terang Juhri, langkah pertama yaitu campurkan semen putih dengan air, aduk hingga merata, kemudian masukan adonan semen ke dalam ember kira-kira sampai ukuran 8 cm, diukur dari permukaan bawah ember, selanjutnya jemur di bawah panas matahari.

Setelah semen itu setengah kering, tancapkan pipa besi di tengah-tengahnya sambil tuang kembali adonan semen hingga kira-kira penuhnya (ukuran 25 cm diukur dari permukaan bawah ember), lalu jemur kembali.

Setelah adonan sudah terlihat keringa, lepas secara perlahan ember dari adonan semen tersebut.

Jahri pun mengatakan, untuk mempercanti barbel buatannya itu, dengan memberi warna dengan menggunakan cat sehingga barbel tampilannya lebih menarik.

Hasil kreasi Jahri itu, saat ini sudah terpampang di halaman Koramil Sleman tempat Ia berdinas. (Dispenad).

Leave a Reply