Kodam V/Brawijaya

Pendampingan Babinsa, Percepat Proses Panen Para Petani

By 15 Apr 2019 No Comments
bra7
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Babinsa Desa Demuk Serma Jarkasi anggota Koramil 0807/19 Pucanglaban Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan membantu panen padi menggunakan mesin panen.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Tulungagung, Minggu (14/4/2019).

Dikatakannya, lahan sawah yang dipanen milik Kelompok Tani Bumiasri Dusun Demuk Desa Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

“ Penggunaan mesin panen padi dirasa sangat membantu proses panen yang dilakukan oleh para petani. Dengan mesin panen, dapat mempersingkat waktu panen yang biasanya dilakukan oleh para petani dengan banyak tenaga kerja, “ ujarnya.

Di saat musim penghujan seperti ini sangat cocok untuk memulai menanam padi, namun di sebagian wilayah masih ada yang melaksanakan kegiatan panen padi. Serma Jarkasi melaksanakan panen padi bersama petani menggunakan mesin panen padi yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

“ Pendampingan memanen padi ini merupakan wujud upaya khusus Babinsa dalam pendampingan pertanian di wilayah binaannya dengan harapan dapat memaksimalkan hasil serapan gabah (Sergap) di wilayah binaan masing-masing serta memberikan motivasi dan semangat kepada para petani, “ imbuhnya.

Terpisah, Serma Jarkasi mengatakan, anggota klompok tani Bumiasri berencana untuk mengonsumsi sebagian hasil panen kali ini dan menjual bagian sisanya. Dirinya selaku Babinsa Desa Demuk mengaku gembira dengan hasil panen padi di lahan kelompok tani ini. Ia berharap panen melimpah dapat terjadi di Desa Demuk.

“ Semoga hasil panen para petani terus semakin baik di kemudian hari sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan para petani.” ujar Serma Jarkasi. (Dispenad)

Leave a Reply