Dinas Penerangan

Pengobatan Massal Dukung Budaya Hidup Sehat dan Bersih di Banti

Oleh 22 Apr 2019 Tidak ada komentar
Pengobatan Massal Dukung Budaya Hidup Sehat dan Bersih di Banti
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka membudayakan hidup bersih dan sehat, Bintara Pembinan Desa (Babinsa) Kodim 1710/Mimika bersama Tim Kesehatan Rumah Sakit Tembagapura melaksanakan kegiatan pengobatan massal gratis kepada masyarakat Banti II, Distrik Tembagapura.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (22/4/2019).

Diungkapkan Dandim, sebagai bagian dari Komunikasi Sosial (Komsos), Babinsa jajarannya rutin turun ke lapangan mendampingi tim kesehatan melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan.

“Seperti yang dilakukan Serda Jevri Abdinata (Babinsa Kampung Banti) Koramil 1710-04/Tembagapura, pada Minggu (21/4/2019), usai warga melaksanakan kegiatan ibadah, mendampingi petugas kesehatan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat,”ujarnya.

“Kegiatan yang dilakukan dari siang hingga sore hari itu antara lain pemberian vitamin “A” kepada anak-anak, imunisasi kepada anak balita, pemeriksaan ibu hamil dan lansia, “jelas Dandim.

Selain kegiatan pengobatan gratis lanjut Letkol Pio, sebagai Aparat Teritorial, Babinsa juga melaksanakan himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama selalu menjaga keamanan dan kedamaian agar situasi selama tahapan Pilkada tetap aman.

“Ini merupakan tanggung jawab kita (Kodim Mimika) memberikan himbauan kepada semua baik masyarakat untuk menjaga kondusifitas wilayah,”ucapnya.

Sementara itu Baibinsa Serda Jevri, selain mendampingi tim kesehatan RS.Tembagapura juga menyempatkan diri menyapa warga, siswa-siswi sekolah, sekaligus juga memonitoring kondisi wilayah.

Menurut Serda Jevri, kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) oleh para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah binaan saat ini bukan hanya fokus pada pendampingan pertanian ataupun karya bakti semata, namun lebih dari itu Babinsa juga dituntut mampu memajukan pendidikan anak bangsa termasuk pola hidup sehat bagi warga binaan.

“Pemeriksaan serta pengobatan ini bertujuan untuk memeriksa dan mengobati warga secara gratis serta melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman bagi warga tentang membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik diri maupun di lingkungan rumahnya,” ucapnya.

Olivia Lek (46), salah satu warga Kampung Vanti mengatakan, kegiatan pengobatan ini sangat membantu warga pedalaman untuk memeriksakan kesehatannya, apalagi sarana kesehatan masih sangat sangat minim, sehingga kedatangan tim kesehatan RS Tembagapura bersama TNI betuu-betul dinantikan warga.

“Kami sangat berterimakasih atas semua kegiatan yang terselenggara disini, mudah-mudahan ke depannya terus dilakukan dalam membantu kesulitan warga,”pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel