Kodam IX/Udayana

Resik Plastik, Wujudkan Alam Sehat, Bersih dan Sejuk

By 09 Apr 2019 No Comments
6a__3_
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi Bali mewujudkan lingkungan alam yang sehat, bersih dan sejuk, Kodim 1616/Gianyar beserta instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat melaksanakan karya bakti membersihkan pantai yang telah dipenuhi sampah plastik.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1616/Gianyar, Letkol Kav Asep Noer Rakhmat, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Gianyar, Bali. Selasa (9/4/2019).

Kegiatan karya bakti bersih-bersih pantai dari sampah plastik yang dilaksanakan pada hari Minggu (7/4/2019), dikatakan Asep, bertajuk “Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik” dilaksanakan serentak oleh seluruh komponen masyarakat di seluruh kabupaten/kota wilayah Bali dan khusus Kabupaten Gianyar dilaksanakan di sepanjang Pantai Saba, Kecamatan Blahbatuh.

Ditambahkan oleh Asep bahwa kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan instruksi atau perintah dari pimpinan dalam hal ini Pangdam IX/Udayana untuk mendukung penuh program ini.

“Kami beserta jajaran mengerahkan personel secara maksimal untuk membersihkan Pantai Saba dari sampah plastik, semoga bermanfaat dan kedepannya masyarakat lebih sadar untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan,” ucap Asep.

“Mencintai alam adalah hal yang mutlak dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem, yang nantinya kita sebagai manusia yang paling merasakan manfaatnya jika alam lingkungan asri,” tambahnya

Asisten III Setda Kabupaten Gianyar, I Gede Widharma menjelaskan pihaknya mengajak dan menghimbau kepada semua komponen masyarakat untuk bersama-sama membersihkan dan menjaga lingkungan di sekitar agar terbebas dari sampah, utamanya sampah plastik.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Provinsi Bali yang bersih dan terutama bebas dari sampah plastik,” tandasnya.

Kegiatan ini didukung oleh unsur TNI dari Kodim 1616/Gianyar dan Kepolisian Polres Gianyar serta para ASN di lingkungan Pemkab Gianyar, Organisasi Pemerhati lingkungan Trash Hero dan Masyarakat Desa Saba. (Dispenad)

Leave a Reply