Kostrad

Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Perkuat Pemantauan dengan CCTV

Oleh 19 Apr 2019 No Comments
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, selain menempatkan personelnya, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonmek 643/ Wanara Sakti juga memonitor situasi di lapangan melalui CCTV yang telah dipasang Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas sekaligus Danyonif Mekanis 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto dalam rilis tertulisnya, Jumat (19/4/2019).

Dwi Agung Prihanto mengungkapkan, beberapa waktu lalu Kementerian Pertahanan Republik Indonesia telah memasang sejumlah kamera pengawas (CCTV) di sektor barat perbatasan Provinsi Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia Timur.

“Selain kita menempatkan personil di pos yang memiliki jalur perlintasan negara tidak resmi, pengawasan kita diperkuat juga dengan CCTV,” ucapnya.

“Fungsi sarana pengawasan ini terus dimaksimalkan untuk memperkuat pengamanan di kawasan perbatasan,” tambah Mayor Inf Dwi Agung Prihanto.

Lebih lanjut alumni Akmil tahun 2002 ini menjelaskan bahwa kamera pengawas tersebut ditempatkan di jalur tikus yang berpotensi digunakan sebagai akses lintas batas ilegal. Selain itu, patroli keamanan juga diintensifkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dari aktifitas lintas batas ilegal.

“Kita juga perkuat pengamanan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dengan menempatkan anggota disitu,” imbuhnya.

Kamera pengawas di jalur perbatasan itu, papar Dwi Agung, sistem dan operasi pengamanannya langsung diawasi oleh Kementerian Pertahanan RI dan terhubung langsung ke Kementerian Pertahanan.

Adapun daerah yang sudah di pasang kamera pengawas berada di tiga Kabupaten perbatasan di Kalbar yaitu di Sanggau, Bengkayang dan Sambas. (Dispenad)

Terkait

Komentar