Kostrad

Sentuh Mongoli Utara, Satgas Yonif 731/Kbr Dongkrak Sektor Pariwisata

By 07 Apr 2019 No Comments
IMG-20190405-WA0108
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk mendongkrak pariwisata di wilayah Mongoli Utara, Yonif 731/Kabaresi mempercantik Pantai dengan berbagai fasilitas di Tanjung Kabaresi.

Hal tersebut disampaikan Danyonif 731/Kabaresi Letkol Inf Indra Hirawanto, S.Sos., dalam keterangan tertulisnya di Maluku Utara, Jumat (5/4/2019).

Dikatakan Letkol Inf Indra Hirawanto, Tanjung Kabaresi berada di wilayah Desa Waisakay, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Sula. Karena keindahan alamnya, telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Maluku Utara.

“Meski demikian, sarananya masih minim. Untuk itu, kami berinisiatif membuat tempat duduk, saung (Honai) untuk bersantai dan sarana penunjang lainnya agar wisatawan lebih nyaman dan menarik wisatawan lainnya,” ujarnya.

Diungkapkannya, dengan ditunjang sarana yang baik, wisatawan akan semakin banyak berkunjung dan hal tersebut akan membantu perekonomian warga Desa Waisakay, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Sula.

“Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia di saat ini terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi,” imbuh Indra.

Ditambahkannya, diawali dari keindahan alam yang semula hanya dinikmati oleh segelintir orang, Satgas Yonif 731/Kabaresi yang bertugas di Pos 3 SSK III Waisakay membuat sesuatu yang berbeda untuk menarik wisatawan agar menikmati keindahan pantai di ujung Pulau Sanana itu.

Terpisah, Danpos 3/III Waisakay, Serka Danang Cahyo mengatakan bahwa negara yang sedang berkembang, Indonesia tengah berusaha membangun sektor industri pariwisata yang berada di wilayah sehingga bisa menjadi andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat, terutama masyarakat Waisakay dan sekitarnya.

“Tidak mewah, namun bisa menjadi pelecut semangat bagi warga sekitar untuk mengembangkan potensi alam dan mempromosikan lebih jauh keluar kepada para wisatawan lokal maupun asing. Dengan menambakan beberapa fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai, saung/honai, dan fasilitas kamar mandi,” jelas Danang.

Sementara itu, Kepala Desa Waisakay, Hakim Umasugi mengatakan, sangat berterima kasih atas keberadaan Pos Satgas Yonif 731/Kabaresi dimana telah menjaga keamanan di daerahnya.

“Kami warga disini merasakan kedamaian di wilayah kami dan yang terlebih dengan ketulusan dan keikhlasannya bapak-bapak TNI membuat sebuah gebrakan untuk mendongkrak perekonomian warga melalui sektor pariwisata,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui bahwa sektor pariwisata di Indonesia masih menduduki peranan yang sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.(Dispenad)

Leave a Reply