Tips KesehatanArtikel

Tips Atasi Masuk Angin Tradisional

By 10 Apr 2019 No Comments
hadi3
#TNIAD #TNI-AD

Bismillah, Anda mungkin pernah mengalami masuk angin? Atau saat ini justru Sedang mengalami masuk angin. Pasti semua orang pernah mengalami hal ini. Masuk angin merupakan istilah awam yang sangat akrab oleh kehidupan orang Indonesia. Biasanya gejala yang ditimbulkan dari penyakit masuk angin ini adalah rasa yang kurang enak dan juga lemas pada badan. Hal ini juga ditandai dengan perut kembung yang seolah-olah ada angin masuk dan terperangkap di dalam perut dan bergerak-gerak disana. Salah satu khas dari masuk angin adalah bersendawa yang berlebihan.

MASUK ANGIN Di dalam dunia kedokteran memang tidak ada, Yang ada adalah istilah Flu atau cold, yang menunjukkan suatu keadaan dengan gejala demam. Masuk angin biasanya disebabkan karena udara dingin atau tubuh kita yang terkena angin dan menyebabkan terjadinya vaskontriksi atau menciutnya pembuluh darah yang ada pada kulit. Penyakit maag dan juga masuk angin mempunyai suatu keterkaitan yang saling berhubungan pada satu sama lainnya. Dan malah, menjadi sebab akibat dari ketidak seimbangan angin di dalam tubuh yang terjadi.

MENGOBATI MASUK ANGIN DENGAN ALAMI: Jahe.

Obat Masuk Angin Tradisional dengan mengonsumsi jahe caranya adalah:

Siapkan Bahan rimpang jahe sebesar ibu jari dewasa tiga ruas, Cara membuat panaskan jahe terlebih dahulu dengan menggunakan api dan setelah itu ditumbuk atau dilumatkan. (Dibakar) Kemudian siapkan segelas air panas, dan masukkanlah jahe, kemudian diseduh sampai aromanya keluar. Tambahkan sedikit madu sebelum mengonsumsi. Minumlah ramuan jahe ini selagi hangat. Perut kembung. Perut kembung merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan gas yang berkumpul di dalam lambung atau juga usus dan melebihi suatu keadaan yang normal. Hal ini menimbulkan rasa tidak enak dan juga sakit. Penyebab dari perut kembung adalah gas yang tertelan bersama dengan makanan, misalnya adalah seperti gas oksigen dan nitrogen. Dan selain itu juga, karena adanya gas yang mengandung karbondioksida, hidrogen dan juga metan yang dihasilkan dari gabungan pada zat karbohidrat dan selulosa yang terjadi akibat bakteri usus.

Obat Masuk Angin Tradisional dan perut kembung adalah :

Ambillah 2-4 siung bawang merah, kemudian dihaluskan setelah itu ditambahkan dengan minyak kayu putih secukupnya. Lalu gosokkalah pada daerah disekitar leher, punggung, dada, dan perut.

Tips ini bisa digunakan untuk dewasa dan anak. Untuk tips pertama, untuk anak cukup dikasih 1sendok ramuan dari jahe tersebut.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply