Kostrad

Yonif 408 Perbaiki Pipa Air Warga Asumanu

Oleh 25 Apr 2019 Tidak ada komentar
Yonif 408 Perbaiki Pipa Air Warga Asumanu
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Penuhi pasokan air bersih, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh dibantu warga segera memperbaiki saluran pipa air yang rusak akibat terbawa longsor di Dusun Leomanehat, Desa Asumanu, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, NTT.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Sektor Timur Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, dalam rilis tertulisnya, Kamis (25/4/2019).

Joni mengungkapkan bahwa anggota Satgas bersama warga masyarakat menggelar karya bakti pada hari Selasa 23 April 2019 kemarin, untuk memperbaiki saluran pipa air akibat terjadinya longsor pada mata air karena curah hujan yang sangat tinggi beberapa waktu lalu di Dusun Leomanehat.

“Kita terjunkan personel Satgas dari Pos Asumanu dibantu warga setempat untuk memperbaiki saluran air yang rusak,” katanya.

Menurut lulusan Akmil tahun 2002 tersebut, perbaikan pipa ini sangat penting dan segera harus di lakukan, mengingat kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat setempat sangat tergantung dari aliran sumber mata air tersebut.

“Saluran air ini merupakan satu-satunya yang berada di Dusun Leomanehat. Sehingga apabila terjadi kerusakan maka masyarakat akan kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk keperluan sehari-sehari,” ucap perwira kelahiran Purwodadi Grobogan itu.

Sementara itu Komandan Pos Asumanu Serka Nerdha yang turun langsung bersama anggotanya itu mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan masyarakat secara bergotong-royong.

Dengan melewati medan jalan setapak serta bukit yang curam dan licin, anggota TNI bersama masyarakat Desa Asumanu bahu membahu untuk berpatroli mencari pipa-pipa air yang rusak.

“Kita (TNI dan Warga) mengangkat pipa yang terbawa tanah longsor agar bisa disambung kembali,” kata Nerdha.

“Kita berharap, dengan begotong-royong maka pekerjaan kan lebih cepat diselesaikan, sehingga kebutuhan air dapat segera digunakan oleh masyarakat khususnya yang berada di Dusun Leomanehat,” imbuhnya.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Kepala Dusun Leomanehat Leonora Tahan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI khususnya Satgas Yonif Raider 408/Sbh yang telah membantu memperbaiki pipa saluran air yang rusak.

Ia pun menjelaskan, sudah 3 hari, air di Dusun Leomanehat tidak mengalir karena mengalami kerusakan akibat longsor.

“Saya mewakili masyarakat Dusun Leomanehat mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas Yonif Raider 408/Sbh yang selalu membantu masyarakat Desa Asumanu,” ucapnya.

“Kami berharap TNI yang ada di Desa kami ini bisa selalu membantu kami untuk mengatasi segala kesulitan yang kami hadapi,” tandasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel