Kodam XII/Tanjungpura

Antisipasi Banjir, Prajurit TNI Bersama Warga Bersihkan Aliran Sungai

Oleh 04 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190504 Wa0048
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna mencegah terjadi bencana banjir, Koramil 1202-16/Sedau bersama komponen masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Jamthong di kelurahan Setapuk Besar.

Demikian disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1202/Singkawang, Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Singkawang, Kalbar. Sabtu (4/5/2019).

Diungkapkan oleh Viktor bahwa pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan akan mengakibatkan banjir.

“Sejumlah anggota Koramil 1202-16/Sedau bersama perangkat desa dan masyarakat melakukan kegiatan pembersihan Sungai Jamthong dengan penuh semangat dan antusias sehingga sungai yang mengalir ke wilayah Kecamatan Setapuk dapat berjalan lancar dan bersih,” ungkapnya.

Kerja bakti ini, ucap Viktor, merupakan bagian dari upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat membersihkan saluran air agar bersih dari sampah dan kotoran.

“Ini adalah langkah awal antisipasi terjadinya pendangkalan sungai yang diakibatkan sampah dan material bawaan aliran sungai serta mengurangi tanaman liar,” terangnya.

Selanjutnya, agar masyarakat turut peduli dan menjaga lingkungan, bilamana lingkungan kita bersih akan menjadi sehat, dan kami juga menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, karena bisa mengakibatkan aliran air tidak lancar dan menyebabkan banjir pada musim penghujan tiba.

“Pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Setapuk Besar, agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai. Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan warga,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel