Kostrad

Asistensi Pusterad, Cek Binter Yonif 408 di Perbatasan RI-RDTL

Oleh 01 Mei 2019 No Comments
Img 20190501 Wa0010
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna mengecek keberhasilan pelaksanaan pembinaan teritorial (Binter) di perbatasan, Tim Asistensi Pusterad kunjungi Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif Raider 408/SBH di perbatasan RI-RDTL.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.IP., dalam rilis tertulisnya, Rabu (1/5/2019).

Diungkapkan Joni, Tim Asistensi Pusterad itu dipimpin oleh Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadan Pusterad) Brigjen TNI Joko Warsito yang datang bersama rombongan pada Senin 29 April 2019 kemarin.

Adapun tujuan dari kunjungannya itu adalah dalam rangka pengumpulan data dan asistensi teknis penyelenggaraan Binter Satgas Pamtas.

Selama berada di wilayah teritorial Satgas Pamtas Yonif 408/SBH, Tim Asistensi ini mengunjungi beberapa tempat hasil pelaksanaan Binter yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH.

Seperti mengunjungi rumah Ibu Agustinus Dos Santos di Dusun Bautasik Desa Kabuna Kec. Kakuluk Mesak Kab. Belu dan rumah Ibu Roslinda Mutu di Dusun Asulait, Desa Sarabau, RT/RW 04/02, Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu.

Baca juga:  Dandim 0306/50 Kota, Canangkan Program Tni Kb Kes

Dimana kedua rumah tersebut ujar Joni, telah diperbaiki melalui program bedah rumah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH beberapa waktu lalu.

“Rumah tersebut merupakan sekian rumah yang sudah dibedah oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH,” katanya.

“Ini adalah salah satu program kita dalam membatu kesulitan warga di perbatasan,” tambahnya.

Lulusan Akmil tahun 2002 ini mengatakan, Tim Asistensi Pusterad ini juga mengunjungi kegiatan Bakti Sosial Kesehatan berupa pelayanan kesehatan gratis dan khitanan massal yang digelar di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Atambua.

Saat meninjau Baksos, terang Joni, Wadan Pusterad (Ketua Tim Asistensi Pusterad) terlihat senang hal ini dikarenakan banyaknya antusiasme warga perbatasan yang ikut dalam kegiatan itu.

“Untuk pelayanan kesehatan diikuti lebih dari 39 orang warga, dan 22 anak yang ikut khitanan massal,” ungkap Dansatgas Mayor Inf Joni.

Tidak cukup sampai disini, papar Joni, Tim Asistensi juga berkesempatan mengunjungi atau meninjau tambak bandeng yang berlokasi di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto.

Baca juga:  Tes Psikologi Menjadikan Prajurit Komando Mampu Bertahan di Bawah Tekanan.

Dimana tambak Bandeng ini, kata Joni adalah salah satu program unggulan di bidang teritorial yang dilakukan oleh satgas Yonif Raider 408/Sbh.

Dijelaskan Joni, anggota Satgas membentuk Kelompok Tani (Poktan) Tambak yang diberinama Kelompok Tani Suhbrastha.

“Dalam kelompok tani ini, kita (Satgas) mengajarkan masyarakat dalam bidang budidaya tambak ikan bandeng,” paparnya.

Dilokasi tambak Bandeng Wadan Pusterad Brigjen TNI joko Warsito beserta rombongan berkesempatan berkomunukasi dengan petani Tambak binaan Satgas Yonif Raider 408/Sbh.

Turut mendampingi Dirbindiklat Pusterad Kolonel Inf Tofik Sobri, Wadan Satgas Yonif Raider 408/SBH Kapten Inf Ari, para Pasi dan Komandan Kompi Satgas Yonif Raider 408/SBH. (Dispenad).

Berita Terkait

Komentar