Kostrad

Bina Kemandirian, Satgas Yonif 643 Ajarkan Cocok Tanam Siswa SMK

Oleh 01 Mei 2019 No Comments
Img 20190501 Wa0011
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka membina kemandirian, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns mengajarkan Siswa-Siswi SMK 01 Jagoi Babang cara bercocok tanam di Pos Kout Jagoi Babang, Kab. Bengkayang.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, dalam rilis tertulisnya, Rabu (1/5/2019).

Diungkapkan Dwi Agung, sejumlah siswa-siswi SMK itu diberikan ilmu bercocok tanam oleh Satgas lantaran saat ini mereka tengah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL), yang dipimpin Wakil Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Ketut Hendra, Selasa (30/4/2019).

Dwi Agung mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Satgas dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah perbatasan, yaitu dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak terawat di sekitar Pos untuk bercocok tanam.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, mereka diajari anggota Satgas cara menanam bawang merah, tomat dan cabe. Dimana komoditi tersebut merupakan salah satu andalan daerah tersebut.

Selama kegiatan berlangsung, ujarnya, para siswa-siswi SMK itu menunjukkan semangat dan keseriusannya. Mulai dari mencangkul sampai memasang plastik mulsa (jenis plastik untuk tanaman seperti cabai dan tomat yang cocok digunakan di daerah tropis).

“Mereka sangat antusias, terlihat saat para siswa-siswi itu mencangkul hingga pemasangan plastik mulsa,” katanya.

Dwi agung menambahkan, kegiatan ini juga sebagai ajang edukasi bagi mereka. Harapannya agar mereka benar-benar paham tentang bagaimana menguatkan ketahanan pangan, sekaligus melatih jiwa entrepreneur atau berwirausaha bagi mereka kedepan.

“Semoga ilmu yang sudah diperoleh siswa-siswi dapat diaplikasikan di tempat tinggalnya, sehingga bisa bermanfaat,” terang Dansatgas.

Atas bimbingannya kepada siswa-siswi SMK 01 Jagoi Babang, Muliyanto (52) Ketua Kelompok Tani Jagoi Babang sekaligus pembina PKL memberikan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns.

Senada dengan Dansatgas, Ia pun berharap ilmu yang sudah diberikan dapat diaplikasikan oleh anak didiknya.

“Terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memberikan tambahan ilmu pertanian kepada Siswa-siswi,” pungkas Muliyanto. (Dispenad).

Komentar