Kodam II/Sriwijaya

Kodim 0406 Siap Dukung Optimalisasi Lahan di Muratara

Oleh 13 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190513 140916 849
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 0406/Mura siap bantu warga dalam mengoptimalkan lahan pertanian dalam rangka mendukung program Swasembada Pangan di wilayah teritorialnya.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 0406/Musirawas Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya, Senin (13/5/2019).

Pernyataannya itu, dikatakan saat Dandim mendampingi kunjungan Tim Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani (Serasi) Mabes TNI AD beserta Kementerian Pertanian RI meninjau lahan milik warga yang akan di jadikan percontohan di wilayah Desa Bingin Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara.

“Kedatangan tim Serasi yang dipimpin oleh Kolonel Inf Boni Christian Pardede, S.E., pada Minggu 12 Mei 2019 kemarin itu, dalam rangka meninjau lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara,” katanya

Dalam kesempatan itu, Dandim menyampaikan bahwa saat ini lokasi atau wilayah yang memiliki potensi untuk menjadi lahan percontohan pertanian Serasi masih sangat perlu perhatian.

Alasannya, ujar Dandim, karena belum adanya belum adanya laporan pemberkasan termasuk program pekerjaannya pun masih belum dipastikan.

“ini perlu mendapatkan perhatian lebih, mengingat masih belum rampungnya pemberkasan serta program perkerjaannya seperti apa,” ujarnya.

Selanjutnya Ia berharap untuk menyukseskan pelaksanaan program tersebut, perlu adanya peralatan alat yang mampu mendukung program tersebut, sehingga pencapaian kerja target bisa tercapai.

“Perlu adanya Peralatan dan alat pendukung lainnya, sehingga target bisa tercapai,” tuturnya.

Terkait bentuk dukungan yang akan diberikan Kodim, Dandim pun menerangkan bahwa pihaknya akan semaksimal mungkin membantu dalam pelaksanaan program Serasi ini.

“Kodim 0406/Mura siap membantu warga dan bekerjasama mengoptimalkan lahan pertanian, Danramil dan Babinsa pendampingan kegiatan di lapangan dimana yang wilayahnya masuk program kegiatan Serasi beserta Penyuluh Pertanian, Poktan dan Gapoktan”, terang Dandim.

Dandim berjanji akan mengawasi dan menggerakan masyarakat untuk lebih giat dalam mengelola lahannya supaya hasil panennya lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita bantu awasi dan gerakan supaya yang tadinya panen sekali setahun, dengan Serasi ini akan meningkat menjadi 2 sampai 3 kali panen, sehingga program Swasembada Pangan tercapai sesuai program pemerintah saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Tim Serasi Pertanian Mabes TNI AD Kolonel Inf Boni Christian Pardede, S.E., dalam penjelasan mengatakan bahwa timnya akan memberikan masukan dan penjelasan serta melaporkan ke pimpinan terkait usulan dan permintaan masyarakat.

“Kita (tim Serasi) akan menghimpun dan melaporkan permintaan dan usulan masyarakat kepada pimpinan terkait lahan yang berpotensi untuk di kembangkan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Heldi Wira dan Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana G, S.I.P., dari Mabesad, Agung Ardianto (Analis Perlindungan Lahan) dan Herry Yoan Edison (Analis Pembukaan Lahan) dari Kementrian Pertanian RI beserta rombongan lainnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel