Kodam XII/Tanjungpura

Koramil 1204-17/Nanga Taman, Ujung Tombak TNI AD

Oleh 14 Mei 2019 No Comments
Img 20190514 Wa0040
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id,- Saat diresmikan sebagai satuan baru, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab menegaskan bahwa Koramil 1204-17/Nanga Taman merupakan ujung tombak TNI AD di wilayah Sekadau.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. dalam rilis tertulisnya di Kubu Raya, Kalbar, Selasa (14/5/2019).

Dijelaskan Kapendam peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Panglima serta Penandatanganan Berita Acara oleh Pangdam XII/Tpr dan Bupati Sekadau.

‘’Juga dilakukan penyerahan kunci secara simbolis oleh Bupati kepada Dandim Singkawang, sedangkan pemotongan pita dilakukan oleh ibu ketua Persit, Mudi Herman Asaribab,’’ ujarnya.

Dalam amanatnya Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sekadau yang telah membantu menyiapkan sarana dan prasarana Koramil 1204-17/Nanga Taman.

“Saya mewakili Kasad mengucapkan terima kasih telah membantu kami sehingga melancarkan pelaksanaan tugas maupun kegiatan kami di Kabupaten Sekadau,’’terangnya.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, tugas pokok Komando Kewilayahan adalah menyelenggarakan Binter dan Wanra meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial dalam rangka menciptakan Ruang Alat dan
Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya untuk kepentingan Pertahanan Keamanan Negara yang selaras dengan tugas aparat pemerintah daerah, sehingga terwujud keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:  Kadispenad : Serah Terima Tujuh Jabatan Strategis, Proses Alamiah Regenerasi Kepemimpinan TNI AD

“Oleh karena itu, pembangunan Koramil Nanga Taman ini dilakukan karena Kabupaten Sekadau memiliki kondisi geografi yang luas dengan jumlah perkembangan penduduk yang sudah mulai meningkat dan dibarengi dengan perkembangan kondisi sosial kemasyarakatan yang komplek,” kata Pangdam

Dirinya menekankan kepada Danramil, agar melakukan pembinaan satuan dan wilayah secara serius serta berkesinambungan dengan membentuk sistem kerja terintegrasi dengan aparat setempat terutama dalam mengatasi setiap kejadian.

‘’Melaksanakan pembinaan teritorial terhadap masyarakat dengan mengedepankan moto berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas, sesuai dengan slogan TNI AD,’’ imbuhnya.

“Juga jalin kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk membangun kesadaran bernegara, guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat, sesuai pesan Panglima TNI yaitu Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI Rakyat Sejahtera,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen Herman juga menyampaikan perintah Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa pada prajurit.

”Yang pertama, agar prajurit menjalin kerjasama yang erat dengan Polri, Pemda serta Komponen Masyarakat untuk antisipasi potensi anarkis,’’ungkapnya.

“Kedua, sampai dengan saat ini masih dalam proses Pemilu 2019, agar tetap fokus membantu penyelenggara Pemilu, Pemda dan Polri dalam pengamanan lanjutan proses pelaksanaan pesta demokrasi,’’ pungkasnya.

Baca juga:  TNI Amankan Warga Negara Malaysia Membawa Sabu-Sabu di Perbatasan

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus, S.H.,M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Pangdam beserta rombongan di wilayah Sekadau.

‘’Semoga melalui kegiatan yang kita selenggarakan hari ini, dapat meningkatkan hubungan silaturahmi serta kerjasama antara Pemkab Sekadau dan Kodam yang selama ini sudah terjalin dengan baik,’’ pungkasnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan saling tukar cinderamata antara Pangdam dengan Bupati, selain itu Pangdam juga berkesempatan menyerahkan tali asih kepada Pengurus Mesjid Al Muhatidin Nanga Taman. (Dispenad).

Berita Terkait

Komentar