Kodam V/Brawijaya

Latih Kesiapsiagaan Hadapi Bencana, Kodim Ponorogo Gelar Latihan Posko I

Oleh 22 Mei 2019 Tidak ada komentar
Img 20190523 Wa0004
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Tingkatkan kemampuan dan keterampilan personel dalam mengantisipasi bencana, Kodim 0802/Ponorogo gelar latihan Posko I TA 2019.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0802/Ponorogo, Letkol Inf Made Sandy Agusto, dalam rilis tertulisnya, di Ponorogo, Jatim, Rabu (22/5/2019).

Diungkapkan Made latihan yang digelar di Makodim 0802/Ponorogo tersebut mengusung tema “Kodim 0802/Ponorogo melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda di wilayahnya dalam rangka operasi militer selain perang.”

“Ini, untuk melatih kesiapsiagaan personel kita dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana di wilayah kita,” katanya.

Untuk pelaksanaan latihan ini sendiri, tutur Made sesuai rencana akan berlangsung selama tiga hari. Yakni mulai Selasa (21 Mei 2019) kemarin hingga Kamis (23/5/2019) besok.

“Latihan ini dilaksanakan tiga hari, sejak Selasa kemarin hingga Kamis besok,” tegasnya.

Made mengatakan bahwa latihan ini dinilai sangat penting, pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personelnya, namun juga untuk mengasah kemampuan serta profesionalisme sehingga prajurit semakin terbiasa dan tepat serta cepat dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah.

“Kita inginkan prajurit jajaran Kodim Ponorogo terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah,” imbuhnya.

Mantan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 521 Dadaha Yudha ini berharap, Kodim 0802/Ponorogo bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang didalamnya adalah berisikan hubungan kerja antara Komandan dan Staf agar senantiasa siap setiap saat.

Kesiapannya itu meliputi, personil dan peralatan. Disamping itu, setiap anggota Kodim mampu merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi pemberian bantuan penanggulangan bencana alam kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Ponorogo.

“Saya harap tujuan dari latihan ini dapat tercapai sesuai dengan tema latihan,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Korem 081/DSJ dalam amanatnya yang di baca Kepala Staf Korem 081/DSJ Letkol Inf Agus Faridianto pada pembukaan kemarin (Selasa, 21/5/2019) menyampaikan bahwa ada beberapa wilayah Negara kita sering terjadi bencana alam yang banyak menimbulkan korban jiwa dan harta benda.

Adapun bencana alam yang terjadi, papar Agus seperti gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor serta bencana alam lainnya. Untuk menyikapi fenomena dan perkembangan situasi tersebut, tambah Agus, Pangdam V/Brawijaya telah memberikan perintah untuk berperan aktif dengan mengambil langkah-langkah antisipasi dalam rangka menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di wilayah.

“Sesuai perintah Pangdam, kita harus berperan aktif cegah bencana,” pesannya.

Acara pembukaan Latihan Posko I tahun 2019 kali ini, juga mengundang unsur terkait penanggulangan bencana alam dari Pemda Ponorogo antara lain Polres Ponorogo, BPBD, Tagana, Pemadam Kebakaran, Dinas PU dan Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel